cara merubah tampilan windows

Mempunyai tampilan Windows yang berbeda tentu saja menjadi kesan tersendiri bagi para penggunanya. Terkadang tampilan Windows yang biasa-biasa saja gampang memancing rasa bosan saat menggunakannya. Agar masalah bosan ini bisa diatasi, kamu bisa merubah tampilan setiap detail di Windows. Langkah-langkah untuk merubah tampilan Windows bisa kamu lakukan dengan banyak cara sesuai dengan apa yang kamu butuhkan maupun yang diinginkan. Kamu bisa memakai fitur yang sudah tersedia di Windows atau menambahkannya dengan aplikasi tambahan. Semua tampilan Windows tentu saja berbeda di setiap versinya, apabila ingin tampilan terbaru dan terupdate maka kamu bisa memakai Windows 10. Tetapi jika kamu masih nyaman dengan tampilan Windows 7 yang dipakai, kamu bisa merubah tampilan layaknya Windows 10. Kamu bisa memakai cara seperti dibawah :

Cara Merubah Tampilan Windows 7,8 dan 10

cara merubah tampilan windows

1. Merubah Tampilan Cursor

Pertama, kamu bisa memulai dengan yang paling kecil yaitu merubah tampilan cursor di Windows yang saat ini kamu gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Klik kanan pada layar dekstop kamu lalu klik pada bagian Personalize.
  2. Apabila sudah di menu Personalize, kamu bisa langsung masuk ke dalam menu Themes atau Tema.
  3. Saat di menu Themes, kamu bisa klik bagian Mouse Cursor Setting.
  4. Selanjutnya, kamu bisa pilih tampilan cursor yang akan kamu pakai, kamu bisa memilih stok yang ada atau kamu bisa menambah file tampilan cursor yang kamu download.

2. Merubah Tampilan Warna Start dan Taskbar

Kamu bisa merubah tampilan dari Start menu dan Taskbar yang ada di Windows. Selain bagus dipandang, merubah tampilan start menu dan taskbar juga mampu mendapatkan kesan baru pada tampilan layar-mu. Apabila kamu menggunakan Windows 10, maka merubah tampilan warna start menu dan taskbar akan semakin mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  1. Bukalah menu setting dengan klik tombol Windows atau klik kanan di layar dekstop.
  2. Klik pada Personalize, agar mengubah warna start menu dan taskbar kamu bisa akses di tab Colors.
  3. Kamu bisa merubah warna secara otomatis mengikuti background yang kamu pakai. Dengan cara memberikan centang di bagian "Automatically pick an accent color from my background".
  4. Berilah centang di bagian "Show accent color on the following surface". Apabila kamu tidak memberi centang di kolom ini maka tampilan taskbar dan start akan berubah menjadi hitam.

3. Merubah Themes atau Tema di Windows

Agar merubah tema, kamu bisa mendownload tema yang siap digunakan atau bisa juga mengunjungi website resmi Microsoft. Disana pihak Microsoft menyediakan banyak tema untuk para penggunanya. Berikut langkah-langkah dalam memilih tema :

  1. Pertama download tema yang akan kamu gunakan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kamu bisa download di website resmi Microsoft.
  2. Apabila kamu ingin mengunduh di situs Microsoft, kamu bisa pakai Microsoft Store yang sudah ada di sistem operasi Windows 10.
  3. Ketiklah Tema di kolom pencarian, lalu klik tema yang kamu sukai. Ada banyak sekali tema gratis yang sudah disediakan oleh Microsoft.
  4. Jika sudah selesai mendownload, kamu bisa langsung saja apply atau bisa juga dengan melihat pada pengaturan tema.
  5. Kamu bisa melihat koleksi tema yang ada di perangkat Komputer kamu dengan melihat menu utama.

Apabila kamu ingin memakai background dengan foto pilihan, kamu bisa merubahnya dengan klik pada bagian Desktop Background. Klik Browse untuk memilih foto yang akan kamu gunakan sebagai background Desktop.

4. Mengganti Tampilan Windows 7 ke Windows 10

Cara ini kamu bisa dapat bantuan dari Windows Transformation Pack atau Windows 10 Skin Pack. Sebelum mulai mengganti tampilan dengan Skinpack, menurut kontributor RELOGI.COM spesifikasi sistem yang bisa kamu gunakan agar cara ini berjalan adalah sebagai berikut :

  • Microsoft.NET 4,5
  • Prosesor : 1GHz atau yang lebih tinggi
  • Memory : 512 Mb RAM atau yang lebih tinggi

Dengan adanya spesifikasi diatas, kamu bisa menggunakannya meskipun komputer atau laptop kamu memiliki spek yang rendah. Langkah-langkah merubah tampilan di Windows dengan skin pack bisa kamu lakukan dengan cara dibawah :

  1. Unduh Skinpack Windows 10 yang banyak di situs-situs tertentu.
  2. Apabila sudah didownload, Ekstrak file skinpack apabila file berbentuk RAR.
  3. Berikutnya klik dua kali pada file instalasi skinpack tersebut.

Kamu bisa merubah ke enable apabila komputer atau laptop yang kamu pakai memiliki spek yang mumpuni. Hilangkan centang pada Set Windows X Live as default homepage apabila kamu ingin tetap memakai Chrome sebagai browser utama di perangkat komputermu. Jika sudah, klik tombol install yang berada di kanan bawah. Tunggulah hingga proses intsall selesai. Jika sudah selesai, maka tampilan komputer kamu akan menjadi seperti Windows 10.

Akhir kata

Nah, selamat windows 7 kamu sekarang sudah memiliki tampilan layaknya windows 10 tanpa harus install ulang. Cara diatas bisa menjadi jalan untuk kamu yang sudah merasa bosan akan tampilan Windows kamu yang dirasa sudah biasa-biasa saja. Semoga bermanfaat.