Perabot berbahan kayu terkadang harus dirawat dengan perlakuan khusus. Hal ini dilakukan agar selalu terlihat bagus dan awet untuk digunakan. Beberapa orang menganggap merawat mebel dengan bahan kayu seperti mebel Jepara itu sulit dan mengeluarkan biaya yang mahal. Padahal faktanya mebel jati dari Jepara sangat awet. Namun, untuk membuatnya tambah terawat dan indah ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Berikut 5 bahan alami membuat mebel selalu mengkilap.

5 Bahan Alami untuk Membuat Mebel Jepara Selalu Mengkilap

 

1.    Biji kemiri

Salah satu jenis rempah-rempah ini banyak ditemui di dapur sebagai bumbu masak. Selain bumbu masak, kemiri bisa dimanfaatkan untuk membersihkan mebel dari kayu jati. Caranya cukup membakar sekitar 5 biji kemiri hingga minyaknya keluar. Selanjutnya kemiri dibungkus dengan menggunakan kain kasa dan dihancurkan menggunakan batu atau benda keras lainnya. Setelah itu kemiri yang dibungkus kain kasa tadi bisa digunakan untuk menggosok mebel supaya semakin bersih dan indah.

2.    Air teh basi

Air teh yang sudah basi belum tentu tidak bisa digunakan lagi. Kandungan air teh basi mampu mengembalikan tampilan mebel Jepara menjadi seperti baru kembali. Caranya sangat sederhana, cukup basahi kain lap berbahan microfiber atau kain lap biasa dengan menggunakan air teh tersebut. Peras kain lap hingga kering, lalu gunakan untuk membasuh seluruh bagian mebel. Ketika sudah mengering dijamin mebel dari Jepara akan terlihat lebih cerah lagi.

3.    Tepung maizena dan tepung sagu

Kedua jenis tepung ini bukan hanya ampuh membuat perut terisi kenyang karena segala makanan yang terbentuk darinya tapi juga mampu membuat mebel berbahan jati yang kokoh seperti mebel dari Jepara menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Cukup dengan menaburkan tepung ke bagian mebel yang terlihat kotor karena bekas telapak tangan atau kotoran lain. Lalu gosokkan hingga merata sampai mebel benar-benar terlihat lebih bersih.

4.    Jeruk Nipis

Noda yang sulit dibersihkan pada mebel bisa ditanggulangi dengan menggunakan air dari jeruk nipis. Langkah pertama dengan memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu menggosokkan pada permukaan mebel Jepara yang mengandung noda. Setelah selesai membersihkan, sisa air jeruk nipis jangan lupa untuk dilap menggunakan kain lap microfiber untuk memperoleh hasil yang maksimal, Hasilnya, mebel dari Jepara dengan desain terbaik akan terlihat semakin mengkilap

5.    Air cuka

Sifat asam dari cuka dapat melarutkan endapan mineral di segala jenis permukaan, tak terkecuali permukaan mebel. Kandungan anti bakteri pada cuka menjadikannya pembersih yang serbaguna. Menurut hasil penelitian ahli mikrobiologi dari Good Housekeeping menyebutkan bahwa dari 5% cuka mempunyai keefektifan melawan jamur sebesar 90% dan 99.99% efektif dalam melawan bakteri.

Demikian 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan mebel Jepara sehingga terlihat semakin mengkilap dan menawan. Bahan-bahan ini tidak sulit dicari, karena sangat mudah ditemukan di rumah maupun lingkungan sekitar. Tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk membuat mebel dari Jepara terawat dan terhindar dari noda membandel. Coba, dan buktikan keampuhannya. Mebel yang kokoh dan berkualitas dari Jepara semakin membanggakan untuk dimiliki.