Apakah kucingmu terlihat sering menggaruk-garuk tubuhnya? Hal ini mungkin saja disebabkan oleh kutu. Parasit yang satu ini memang sering menjangkiti kucing dan membuat si bola bulu merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk meminta bantuan dokter hewan. Namun, sebenarnya kamu dapat melakukannya sendiri jika tahu cara menghilangkan kutu kucing. Untuk informasi lebih lanjut tentang kucing, kamu dapat mengunjungi larispro.com

Bagaimana Kucing Kesayangan Tertular Kutu?

Beberapa pemilik kucing mungkin merasa heran kucingnya tertular kutu karena mereka tidak membiarkan si bola bulu bermain di luar rumah. Namun, tahukah kamu bahwa kucing dapat tertular kutu dalam beberapa cara.

  1. Saat ke dokter hewan
    Saat ke dokter hewan, kucing peliharaanmu akan berada di dekat kucing serta binatang lain dengan berbagai kondisi. Sehingga, tak heran jika sepulang dari kunjungan ini, si bola bulu mengalami gatal-gatal karena kutu.
  2. Kutu menular lewat manusia
    Ketika manusia keluar rumah, ada kemungkinan bahwa kutu menempel pada pakaiannya. Dan setelah sampai di rumah, kutu tersebut berpindah ke tubuh kucing.
  3. Kutu menular lewat tikus
    Kutu juga hidup pada kulit dan bulu tikus. Jika kebetulan kucingmu menangkap tikus di rumah, maka tak heran jika ia kemudian tertular kutu.

5 Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Masalah kutu pada kucing harus segera di atasi. Jika tidak, masalah lain dapat muncul pada kulit kucing, contohnya infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan beberapa perawatan di rumah.

  1. Gunakan sampo khusus untuk memandikan kucing
    Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan memandikannya menggunakan sampo anti kutu khusus untuk kucing. Ada berbagai merk sampo anti kutu yang dapat kamu beli, contohnya Virbac Sebazole Shampoo, D&C Shampoo, dan Miconazole Shampoo.

    Si meong sebaiknya dimandikan sebulan sekali agar kutu pada bulunya hilang dan tidak kembali. Setelah mandi, jangan lupa sisiri bulunya dengan sisir kutu kucing. Sehingga, kutu dapat benar-benar pergi dari bulu kucing.
     

  2. Gunakan obat kutu kucing
    Apabila kutu pada kucing kesayanganmu cukup sulit dihilangkan dengan mandi rutin, kamu dapat memberikan obat kutu kucing pada si meong. Ada berbagai macam obat kutu yang dapat kamu beli di petshop. Cara penggunaannya pun berbeda-beda. Ada obat kutu yang harus dioleskan ke seluruh tubuh kucing dan ada yang hanya perlu diteteskan pada kulit tengkuk kucing.
    Pemberian obat ini harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan bahwa dosis obat yang diberikan sesuai dengan bobot kucing. Selain itu, beberapa obat tidak aman digunakan untuk anak kucing yang masih kecil, kucing hamil, dan kucing yang sedang sakit.
     
  3. Semprot dengan air cuka
    Jika kamu punya cuka di rumah, kamu bisa menggunakannya untuk membasmi kutu kucing. Caranya adalah dengan mencampur setengah bagian cuka dan setengah bagian air. Kemudian, hangatkan campuran ini dan kamu pun dapat menggunakannya untuk menyemprot bulu kucing. Setelah disemprot, kutu pada binatang ini pasti akan hilang.
     
  4. Gunakan minyak telon
    Cara lain untuk membasmi kutu kucing adalah dengan menggunakan minyak telon. Agar kutu hilang dari tubuh kucing, oleskan minyak ini secukupnya pada area-area yang banyak kutunya. Setelah dioles, kutu tersebut akan mati.
     
  5. Rendam kucing dengan air garam
    Alternatif lain untuk menghilangkan kutu pada kucing adalah dengan merendam kucing dengan air garam. Campur garam dan air hangat. Kemudian, gunakan air ini untuk merendam kucing sebentar. Air garam tidak hanya membunuh kutu namun juga membasmi telur kutu.

Setelah melakukan cara-cara di atas, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kandang serta rumah. Hal ini karena ada kemungkinan kutu kucing menempel pada sofa, karpet, dan gorden. Oleh karenanya, kamu perlu membersihkan area rumah dengan penyedot debu secara rutin.