5 Cara Ternak Ikan Salmon Agar Panen

Cara ternak ikan salmon merupakan budidaya air tawar. Ikan salmon melahirkan benih di air tawar, lalu bermigrasi ke lautan. Untuk proses reproduksi, ikan salmon justru menuju ke air tawar. Berikut adalah hal-hal yang wajib anda tahu jika ingin ternak ikan salmon menurut sumber yang diambil dari Suksespedia.

5 Cara Ternak Ikan Salmon Agar Panen

1. Proses Seleksi Induk

Budidaya ikan salmon harus dengan proses memilih induk untuk anda kawinkan. Salmon jantan memiliki warna tubuh belakang kecoklatan, terutama pada bagian sisi-sisinya. Sebaliknya, salmon betina punya bentuk serupa, hanya warnanya yang tidak jelas.

Ketika ikan salmon mencapai ke hulu sungai, maka sudah kehabisan energi dan membuat lubang hingga 30 cm untuk sarang. Salmon betina mampu menghasilkan telur hingga 8.000 butir.

2. Pembuatan Kolam Khusus Salmon

Desain kolam harus menarik, dengan tambahan air tawar dan air laut, karena sifat salmon suka berpindah-pindah saat menetas ke air tawar dan balik ke air laut.

Wadah khusus air tawar harus anda sediakan supaya ikan merasa nyaman. Saat benih menetas, pindahkan pada wadah khusus agar anakan ikan salmon bisa tumbuh. Letakkan anakan ikan salmon pada hatchery hingga 18 bulan.

3. Pakan

Pakan kutu air sangat dibutuhkan anakan ikan salmon, sebagai pakan terbaik karena fungsinya mendorong laju pertumbuhan ikan. Ikan salmon punya kandungan lemak sedikit. Sedangkan ikan salmon dewasa bisa anda beri pakan kuning telur kukus.

4. Pemindahan Salmon ke Air Asin

Ikan salmon berukuran 10-12 cm akan mengalami perubahan fisiologis, bobot bisa mencapai 100 gram. Pindahkan salmon dari wadah ke kolam jaring pada perairan air laut atau air asin. Pelihara salmon dalam kolam jaring hingga 18 bulan dan tumbuh sebagai salmon smolt dengan ukuran 4,5 kg per ekor.

5. Proses Panen Salmon

Cara ternak ikan salmon terakhir adalah cara panen. Ikan salmon dapat anda panen ketika sudah tumbuh sebagai salmon smolt dan bobot mencapai 4,5 kg per ekornya.

Demikian informasi tentang budidaya ikan salmon, apakah anda tertarik melakukan cara ternak salmon?