Siapa sih yang tidak tahu dengan anime One Piece? Sebuah anime yang begitu populer sehingga di dunia dengan cerita dunia yang penuh dengan era bajak laut. One piece merupakan salah satu seri anime dan manga yang terfavorit sepanjang masa. Bisa dilihat dari penjualan seri manga yang begitu bertambah peminatnya setiap tahunnya.

One piece merupakan anime yang menceritakan tentang seorang anak muda bernama Luffy yang memiliki impian menjadi Raja Bajak Laut. Dengan berbagai perjalanan ditemani dengan kru bajak lautnya. Namun, disamping itu, apakah kalian tahu fakta-fakta unik yang terdapat di dalam animenya bahkan ada yang tidak pernah kalian dengar. Berikut beberapa fakta-fakta One Piece yang jarang orang-orang ketahui.

1. One Piece sudah mau 'Tamat'

Banyak sekali para anime lover atau one piece lover memberikan pendapatnya mengenai jalan cerita yang bisa dikatakan 'akan tamat'. Namun ada juga para oplovers yang berpendapat bahwa One Piece masih jauh dari kata 'tamat'. 

Bahkan Eiichiro Oda selaku pembuat manga dan anime One Piece mengungkap di sebuah wawancara pada tahun 2018 lalu, jika seri manga dari One Piece sudah mencapai 80% ceritanya. Yang artinya sebuah petualangan bajak laut topi jerami akan segera menjalani kisah perjalanan akhir.

2. Mendapatkan penghargaan Guinness World Record

Selain ceritanya yang akan 'tamat', One Piece juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai manga dengan cetakan terbanyak. Pada bulan juni 2015 lalu, manga One Piece berhasil menjual sebanyak 320 juta kopian.

Bahkan pada waktu yang dekat pun bisa dibilang masih belum ada yang bisa menyaingi. 

3. Beberapa pengisi suara telah tiada

One Piece merupakan salah satu anime yang memiliki cerita yang begitu panjang bahkan kini pada manganya sudah mencapai lebih dari 900 Chapter. Dengan begitu panjang cerita dari anime One Piece ini, pastinya kalian tidak tahu jika beberapa pengisi suara dari anime ini telah meninggal. 

Pengisi suara karakter diantaranya Daisuke Gori sebagai Jinbei, Ishimori sebagai Sengoku, Ginzo Matsuo sebagai Smoker, Takeshi Aono sebagai Mihawk, Kazuyuki Sogabe sebagai Benn Beckman dan Rayleigh, dan lainnya.

4. One Piece terinspirasi dari beberapa anime

Jika ngomongin tentang lahirnya One Piece mungkin salah satunya adalah terinspirasi dari anime Dragon Ball. Di Masa kecilnya Eiichiro Oda sudah diramaikan dengan serial manga Dragon Ball, dengan karakter yang terkenalnya adalah Son Goku. Disitulah oda memiliki tekad yang kuat untuk menjadi seorang mangaka, karena terinspirasi dari seorang mangaka kesukaannya yaitu Akira Toriyama.

Pastinya kalian bingung bukan, kenapa atau darimana tema bajak laut itu? Ya, waktu kecil, Oda begitu menyukai dengan dunia bajak laut karena ia menyukai film kesukaannya berupa seri animasi dulu yang memiliki judul Vicky the Viking.

Setelah itu, ia memulai karirnya sebagai mangaka pada usia ke 17, saat ia pertama kali membuat karya pertamanya yang berjudul wanted! Mendapatkan juara ke 2. Dari situlah kisah perjalanan Oda sebagai mangaka dimulai, dengan pertama-tama bekerja sebagai asisten mangaka yang terkenal sampai pada akhirnya ia menjadi mangaka dengan karyanya yaitu One Piece pada tahun 1997.

5. Penghasilan Eiichiro Oda sekitar Rp360 miliar per tahun 

Banyak yang bertanya-tanya mengenai berapa sih penghasilan yang didapat dari Eiichiro Oda? Banyak yang menjawab "sedikit" dan ada juga yang menjawab "banyak". Jika kalian bisa lihat dari produk yang dijual oleh Eiichiro Oda dalam karya One Piece seperti komik, peluncuran film layar lebar, merchandise, dan masih banyak lagi.

Mungkin jika hanya dilihat dari produk yang dijualnya di atas, mungkin bisa dibilang sekitaran milyaran dalam pertahunnya. Dilansir dari Kotaku, Eiichiro Oda mendapatkan US$26 juta per tahunnya. Jika dijadikan rupiah mungkin berkisaran 360 miliar rupiah dalam 1 tahunnya.