cat interior

Memiliki rumah dengan cat yang menarik dan indah dipandang tentu menjadi satu kebanggan tersendiri. Namun banyak yang belum bisa merealisasikan karena terbentur pada mahalnya harga cat yang diinginkan. Tahukah Anda bahwa ada juga cat interior murah berkualitas yang patut diperhitungkan?

cat interior

Apabila Anda amati, terdapat puluhan jenis cat tembok yang ada di pasaran saat ini. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam, dari yang paling mahal hingga yang paling murah. Tentunya terdapat kriteria dan ciri tersendiri yang dimiliki oleh masing-masing cat tersebut.

Tips Memilih Cat Interior Murah Berkualitas

Tampilan rumah yang menarik akan menjadi dambaan semua orang. Salah satunya adalah dengan memilih cat yang sesuai. Mendapatkan cat yang murah dan berkualitas bukanlah hal yang mustahil. Murah tidak selalu berarti murahan. Berikut beberapa tips untuk memilih cat yang murah namun terbaik.

1. Hitung Biaya Keseluruhan

Biaya akan menjadi faktor utama dalam pemilihan sebuah cat. Bukan berarti harus mencari yang paling murah, namun sesuai dengan yang dibutuhkan. Sebelum membeli cat, hitunglah terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan.

Agar lebih hemat anggaran, belilah cat sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Jadi biaya keseluruhan yang dihitung adalah biaya cat hingga proses pengecatan selesai. Dengan demikian Anda akan lebih mengefektifkan biaya dan juga waktu.

2. Perhatikan Daya Sebar Cat

Besar kecilnya ruangan yang akan dicat memang berpengaruh pada anggaran yang dibuat. Langkah awalnya adalah dengan menghitung luas area yang akan dicat. Cara mudahnya bisa mengikuti langkah berikut:

  • Hitung Luas Dinding

Luas Dinding = Panjang x Lebar – (Jendela + Pintu)

  • Hitung Volume Cat yang Dibutuhkan

Volume Cat = Luas Dinding : 2 x Daya Sebar Cat

Daya sebar cat ini akan menentukan volume atau jumlah cat yang akan dibutuhkan. Pastikan cat yang Anda pilih memiliki daya sebar yang luas sehingga akan lebih menghemat pembelian cat, serta lebih hemat tenaga.

3. Waktu Kering Cat

Spesifikasi lain yang diperlukan dalam memilih cat interior adalah waktu kering cat tersebut. Istilah yang digunakan adalah waktu kering sentuh, yaitu waktu yang dibutuhkan cat agar dapat disentuh tanpa menempelkan jari setelah cat diaplikasikan pada dinding.

Aspek ini penting untuk memilih cat yang memiliki waktu kering sentuh yang lebih cepat atau singkat. Tukang yang melakukan pengecatan juga bisa bekerja lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan selanjutnya tanpa harus menunggu lama cat menjadi kering.

4. Perhatikan Kualitas Cat yang Tahan Lama

Memilih cat yang paling penting adalah apakah cat tersebut memiliki daya tahan yang lama atau tidak. Jika cat yang digunakan mudah mengelupas atau cepat pudar, artinya Anda harus mengeluarkan anggaran kembali untuk membeli cat dan melakukan pengecatan kembali.

Jika Anda memilih cat tersebut, maka akhirnya adalah terjadi pemborosan biaya. Carilah informasi lengkap sebelum membeli cat untuk mengetahui apakah ada garansi tahan lama, tentu saja dengan harga yang masih terjangkau.

Beberapa jenis cat sudah memberikan garansi tahan lama baik untuk warna maupun daya rekatnya. Pemilihan cat yang benar dan tepat akan menyajikan keindahan rumah serta menyelamatkan finansial keluarga.

5. Simulasi Biaya

Agar perhitungan lebih matang, lakukan simulasi biaya akan kebutuhan cat tersebut. Anda bisa menghitung dengan cara memperkirakan luasan dinding dengan kebutuhan cat. Setelah itu memilih cat ukuran berapa yang akan dipilih dan dikalikan harganya.

Hal penting dalam memilih cat interior murah berkualitas adalah ketelitian dan perhitungan yang tepat. Tidak semua cat yang mahal itu berkualitas, begitu juga tidak semua cat yang murah memiliki kualitas yang jelek. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang telah dirancang sebelumnya.