Akhir-akhir ini perkembangan teknologi sangat pesat, salah satunya adalah di sektor jual beli. Munculnya marketplace membuat orang bisa berbelanja dengan mudah hanya dengan smartphone saja tanpa harus meninggalkan rumah. Inilah yang harus Anda manfaatkan. Berikut ini ada beberapa tips berjualan di marketplace agar cepat laku dan segera menghasilkan.

Tips Berjualan di Marketplace

Berikut tips untuk anda semoga ini bermanfaat dan bisa membantu cepat sukses

1. Membuat banyak toko

Di dunia offline mungkin Anda cukup membuat satu toko terlebih dahulu ketika memulai berjualan. Hal ini karena membuat toko memerlukan uang yang cukup besar, mulai dari bahan bangunan, perabotan, hingga biaya listrik. Akan tetapi, di dunia online justru Anda harus membuat banyak toko mengingat modal untuk membuatnya hampir nol rupiah.

Cara ini berfungsi untuk menjaring lebih banyak calon pembeli. Selain membuat banyak toko, Anda juga perlu membuat toko di beberapa marketplace. Setelah berjalan beberapa bulan, Anda bisa mengevaluasi toko dan marketplace mana yang paling banyak memberikan income untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan dan memprioritaskan toko tersebut.

2. Menggunakan Tools scraper

Bila anda ingin lebih cepat dalam melakukan pembuatan toko nya, maka ada baiknya anda menggunakan tools scraper marketplace. Anda bisa scrape shopee, scrape bukalapak, scrape Tokopedia lalu auto upload ke banyak marketplace lain dengan lebih mudah dan cepat.

Kelebihan menggunakan tools scraper ini adalah efisiensi waktu. Dimana anda bisa lebih fokus pada penjualan saja. Sedangkan untuk teknis anda bisa gunakan tools saja agar lebih cepat.

3. Memberikan harga promo

Orang yang hendak berbelanja di marketplace pasti akan mencari barang dengan harga termurah atau yang sedang ada promo. Hal ini bisa Anda manfaatkan. Meski begitu, bukan berarti Anda harus banting harga dan mengorbankan profit, bahkan membuat defisit. Promo di sini adalah sebuah penawaran spesial dan tidak harus banting harga. Anda bisa melakukan bundling sehingga produk Anda terkesan lebih murah.

4. Memberikan respons dengan cepat

Di marketplace, Anda akan menemui banyak kompetitor yang bahkan akan rela melakukan banting harga untuk menarik pelanggan. Jika harga yang mereka tawarkan sama dengan milik Anda, pelayanan kepada customer lah yang akan membedakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan respons cepat kepada calon pembeli sebelum ia beralih ke kompetitor Anda.

5. Membuat deskripsi produk dengan jelas

Produk yang Anda jual harus dideskripsikan sedetail mungkin. Jika Anda menjual baju, berikan informasi mengenai bahan yang digunakan, jenis jahitan, detail ukuran, pilihan warna, dan sebagainya. Selain itu, akan lebih baik jika Anda menambahkan manfaat apa saja yang akan pembeli dapat jika menggunakan produk Anda. Hal ini akan menjadi Unique Selling Point yang akan memudahkan Anda menjalani persaingan.

6. Menggunakan foto asli dan menarik

Saat hendak berbelanja di marketplace, calon pembeli tidak bisa melihat produk Anda secara langsung. Mereka harus membayangkan dan memvisualisasikan produk yang akan dibeli. Oleh sebab itu, gunakan foto produk dengan kualitas terbaik dan asli. Jangan membiasakan untuk mengambil gambar dari mesin pencarian.

Di sinilah kemampuan editing foto diperlukan. Tidak perlu terlalu rumit, mengatur kecerahan gambar supaya produk bisa terlihat jelas sudah lebih dari cukup. Anda juga bisa menggunakan watermark untuk mencegah orang lain mengambil gambar produk Anda. Cara ini bisa membuat calon pembeli percaya kepada Anda, apalagi jika ketika barang sampai ke mereka, barang tersebut sesuai dengan foto.

7. Menjual produk yang berkualitas

Terakhir, untuk memudahkan proses penjualan, Anda harus menjual produk yang benar-benar berkualitas. Hindari menjual barang yang berkualitas buruk dan sering terjadi kerusakan, baik ketika pengiriman maupun beberapa hari setelah digunakan oleh pembeli. Produk yang berkualitas akan berpotensi membuat pembeli Anda melakukan repeat order.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Dari semua tips tersebut, konsistensi dan kreativitas adalah hal yang tetap wajib Anda pertahankan. Persaingan jual beli online saat ini sangat ketat. Siapa yang kendur, dia yang akan kalah.