Berkuliah di luar negeri mungkin akan terdengar sangat keren dan hanya kalangan yang berkecukupan secara finansial saja yang bisa melakukannya. Nyatanya, sekarang justru banyak sekali mahasiswa Indonesia dari berbagai kalangan yang berkuliah di luar negeri baik itu menempuh kuliah untuk Strata 1 hingga Doktoral. Banyaknya jumlah mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri bukan hanya karena untuk keren-kerenan saja, justru akan ada banyak keuntungan yang didapatkan saat berkuliah di luar negeri. Apa sajakah keuntungan tersebut? Simak yuk selengkapnya berikut.

Menjadi Lebih Mandiri

Tinggal jauh dari keluarga apalagi di negara yang berbeda, pasti akan membuatmu untuk bergantung sepenuhnya pada dirimu sendiri. Mulai dari mengurus keperluan makan, tempat tinggal, bahkan mengelola keuangan. Mungkin pada awalnya akan terasa sangat susah, namun semakin berjalannya waktu, kamu akan mulai terbiasa dengan hal tersebut dan tentunya kamu akan jadi semakin mandiri tinggal di luar negeri.

Menambah Jangkauan Relasi Secara Global

Berkuliah di luar negeri akan memungkinkan kamu bertemu dengan banyak kenalan yang baru yang bukan hanya dari Indonesia saja. Ini akan jadi hal yang menguntungkan karena nantinya kamu bisa menambah relasi secara global dan bukan hanya terbatas pada satu negara saja. Punya banyak kenalan dari luar negeri juga sangat bermanfaat kelak saat kamu sudah lulus dan ingin mengembangkan karir di luar negeri.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagi mahasiswa yang bisa berhasil mendapatkan beasiswa untuk berkuliah di luar negeri, pasti akan ada perasaan bangga akan pencapaian tersebut. Perasaan bangga ini sedikit banyak akan meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut. Apalagi jika kampus yang berhasil dimasuki adalah kampus yang cukup terkenal, maka rasa percaya diri itu pasti akan bertambah tinggi pula. Jangan lupa terus kembangkan skill yang kamu punya, banyak cara yang dapat kamu lakukan salah satunya disini.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Tinggal di negara lain, mau tidak mau memaksamu untuk berkomunikasi dengan bahasa yang dipakai di negara tersebut. Ini juga bisa jadi keuntungan buatmu karena pastinya kamu akan jadi mahir dalam berbahasa asing. Bukan hanya bahasa Inggris saja, tetapi juga bahasa asing lain yang jadi bahasa utama di negara yang kamu tinggali.

Memperkaya Wawasan Budaya

Bertemu dengan banyak orang dari belahan bumi yang lain akan membuatmu mengenal budaya-budaya baru yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Semakin kayanya wawasan budaya yang kamu punya, juga akan membuatmu menjadi lebih menghargai akan adanya banyak perbedaan.

Mengenal Banyak Perspektif Baru

Selain mengenal wawasan budaya dari negara-negara lain, berkuliah di luar negeri juga akan membawamu pada pengenalan akan perspektif-perspektif baru dan berbeda. Dengan mengenal banyak perspektif baru yang berbeda, ini juga akan membuatmu jadi lebih open minded dan menghargai perbedaan pendapat yang ada.

Membuka Peluang Bekerja di Luar Negeri

Berkarir di luar negeri ternyata juga bisa jadi lebih mudah bagi kamu yang sebelumnya berkuliah di luar negeri. Ini dikarenakan ada beberapa negara yang memberikan visa kerja khusus bagi mahasiswa yang sudah lulus. Ditambah lagi dengan ijazah luar negeri yang sudah kamu kantongi, pastinya juga akan jadi lebih memudahkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Jadi, setelah melihat 7 keuntungan kuliah di luar negeri di atas, pastinya kamu makin tergiur bukan untuk mulai mempersiapkan diri berkuliah di luar negeri? Tidak salah lagi semakin banyak mahasiswa yang banyak memilih untuk berkuliah di luar negeri melihat banyaknya keuntungan yang didapat.