tanda kanker payudara

Kebanyakan wanita seringkali hanya mencari benjolan di payudara untuk memastikan terkena kanker payudara atau tidak. Padahal itu bukan satu – satunya indikator, masih ada indikator umum lainnya yang perlu untuk diketahui.

Jika tidak teridentifikasi dengan benar, kanker payudara bisa mematikan dan bahkan tanpa mengenal usia sekalipun. Maka dari itu, sebaiknya untuk tahu tanda kanker payudara untuk segera menyelamatkan hidupmu, baik dengan cara pencegahan maupun pengobatan jika sudah terlanjur menderitanya.

Tanda kanker payudara.

Berikut ini adalah 7 tanda kanker payudara yang tersembunyi, antara lain :

1. Puting terasa nyeri dan keluarnya cairan

Tanda kanker payudara yang pertama adalah puting terasa nyeri dan sakit. Serta puting mengeluarkan cairan yang abnormal.

2. Nyeri yang tidak segera sembuh

Ketika payudara terasa nyeri dan sudah diolesi salep atau antibiotik namun sakitnya masih terus ada, waspadalah jika ini merupakan salah satu tanda kanker payudara.

3. Perubahan tekstur

Jika teridentifikasi kanker payudara, maka kulit permukaan payudara akan bertekstur seperti kulit jeruk. Kamu harus mengeceknya.

tanda kanker payudara

4. Batuk dan serak

Meskipun tidak ada hubungannya, namun jika kamu merasakannya terus menerus bisa jadi merupakan tanda kanker payudara. Tentunya jika disertai dengan tanda kanker payudara lainnya.

5. Kehilangan energi dan penurunan berat badan

Apakah kamu merasa ada penurunan berat badan serta sering merasa lelah bahkan tidak peduli seberapa banyak waktu tidurmu? Ini merupakan salah satu tanda kanker payudara tersembunyi yang harus kamu ketahui.

6. Benjolan di ketiak dan ukuran payudara tidak beraturan

Jika kamu menemukan benjolan di ketiak serta merasa bahwa ukuran payudara satu dengan yang lainnya berbeda, maka patut untuk disadari dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini bisa jadi merupakan tanda kanker yang bisa menyebabkan kematian.

7. Nyeri punggung bagian atas

Sakit atau nyeri punggung bagian atas yang tak kunjung sembuh bisa jadi salah satu indikator kanker payudara. Hal ini karena kanker payudara akan menyebabkan sakit punggung ketika tumor tumbuh dan mendorong saraf serta ligamen mu.

Coba lakukan peregangan, pengobatan chiropractic dan juga istirahat yang cukup. Jika masih belum sembuh, segera periksa ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan payudara secara teratur jika merasa ada salah satu dari tanda di atas, atau juga bisa dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah. Caranya yaitu dengan melihat puting dan kulit payudara kamu, kemudian pencet dengan lembut untuk melihat adakah benjolan atau cairan abnormal yang keluar.

Jika ada keganjilan, sebaiknya segera menemui dokter dan melakukan pengobatan sebelum makin memburuk. So,Stay healthy!

Sumber: https://www.deherba.com/7-ciri-ciri-kanker-payudara-yang-mudah-dikenali-sebelum-terlambat.html