Kita kini hidup dimana sosial media telah menggantikan kehidupan sosial kita. Salah satu media sosial yang paling digandrungi anak muda adalah instagram. Instagram menjadi begitu populer karena beragam keunggulan yang dimilikinya. Namun salah satu hal yang sering menghantui penggunanya adalah notifikasi pemblokiran yang artinya akun tersebut mengalami pemblokiran sepihak oleh instagram.

Instagram sendiri selalu melakukan perbaikan baik dari sisi aplikasi maupun dari sisi kebijakannya yang diharapkan layanan instagram dapat dinikmati para penggunanya yang menjadi target iklan. Jika para pengguna, yang merupakan target iklan ini nyaman menggunakan instagram atau menjadi adiktif, maka pengiklan akan berdatangan dan keuntungan Facebook selaku pemilik Instagram akan mendapatkan profit yang besar.

Instagram tidak menangani masalah akun oleh para karyawannya namun oleh algoritma yang bekerja 24 sehari 7 hari seminggu untuk memantau akun mana yang mencurigakan. Jika algoritma menemukan akun yang terdeteksi menyalahi aturan instagram, maka akun tersebut akan dinonaktifkan.

Jika suatu akun mengalami pemblokiran, maka anda tidak dapat menggunakan akun instagram anda lagi sebagaimana biasanya. Alasan akun dinonaktifkan atau diblokir juga sangat beragam diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Akun instagram tersebut memfollow terlalu banyak akun dalam waktu yang sangat singkat.
  • Akun instagram tersebut melakukan like ke postingan dalam waktu yang sangat singkat.
  • Akun instagram tersebut memberikan komentar yang terlalu banyak dalam waktu yang sangat singkat.
  • Terdeteksi menggunakan bot like, follow untuk mengakali instagram.
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga di instagram.

Mengetahui hal ini, mungkin anda heran mengapa instagram memberlakukan aturan aneh semacam itu. Bukankah aktivitas yang tinggi di instagram justru baik bagi aplikasi instagram karena hal tersebut menunjukan tingginya antusiasme pengguna dan tingkat pengguna aktif yang sangat tinggi?

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa instagram adalah perusahaan yang mendapatkan uang dari iklan. Jika anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka Instagram ads tidak akan laku lagi. Padahal dari sinilah keuntungan instagram datang yang nantinya dipakai untuk modal membayar karyawan dan server.