Mungkin banyak dari kalian sudah sering mendengar kata budidaya. Budidaya yang tentunya merujuk dengan petani atau peternak. Budidaya merupakan sebuah aktivitas yang mengelola sumber daya alam hayati atau nabati yang dikerjakan oleh para petani yang berguna untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok manusia.

Budidaya adalah suatu hal yang penting untuk kehidupan manusia ataupun hewan, sebagai contohnya bahan pangan pokok manusia dan menjaga kelestarian hewan di alam.

1. Pengertian Budidaya

Budidaya merupakan suatu kegiatan yang sudah terencana untuk kelestarian sumber daya hayati di berbagai daerah agar dapat diambil dan dimanfaatkan hasilnya. 

Adapun pendapat yang lainnya mengatakan bahwa budidaya adalah sebuah bisnis yang disusun secara direncanakan guna menjaga dan meningkatkan kelestarian suatu tanaman atau hewan. Budidaya ini memiliki tujuan tersendiri yaitu agar tetap terjaga kelestariannya dan bisa mendapatkan hasil yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Jenis sumber daya hayati yang sering ditanam yaitu produk herbal contohnya tanaman pangan, tanaman hias, berbagai macam sayuran, ayam, sapi dan ikan. Suatu budidaya harus dapat memberikan produk yang memenuhi kebutuhan hidup manusia dan berguna bagi para petani.

Misalnya budidaya tanaman, para petani bisa menjual hasil budidaya mereka dari proses pembuatan pertanian hingga mendapatkan penghasilan. Selain tanaman contoh yang lainnya budidaya hewan, seperti ternak ayam, bebek, sapi, kambing dan lain sebagainya.

2. Contoh-contoh Budidaya

Berikut ini beberapa penjelasan tentang contoh-contoh budidaya yang sering diminati oleh banyak orang.

a. Budidaya Tanaman Pangan

Manfaat dari tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang dapat dikonsumsi. Pastinya semua manusia membutuhkan makanan, dengan begitu kegiatan budidaya tanaman pangan ini menjadi salah satu budidaya yang banyak diminati oleh banyak orang dan hasilnya pun juga menggiurkan. Contoh tanaman pangan antara lain padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, dan masih banyak lainnya.

b. Budidaya Tanaman Sayur

Kegiatan menanam tanaman ini bisa mendapatkan bahan pangan yang hanya memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan yang dibudidayakan. Hasil yang diproduksi budidaya ini dapat bermanfaat bagi manusia dan layak dikonsumsi. Contoh sayuran yang banyak diminati adalah kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan masih banyak lagi.

c. Budidaya Tanaman Buah

Buah merupakan salah satu makanan yang banyak diminati karena banyak sekali kandungan vitamin di dalamnya. Hal tersebut membuat banyak pembudidaya tertarik dan ingin membudidayakan. Hasil keuntungan yang diperoleh pun tidak main-main. Jenis buah yang sering dibudidayakan ini sangat banyak dan sebagai contohnya buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, semangka, melon, durian, dan masih banyak lainnya.

d. Budidaya Ikan

Sangat banyak peminat ikan, mulai dari ikan hias hingga ikan yang dapat dikonsumsi. Hal tersebut membuat banyak pembudidaya tertarik untuk membudidayakan ikan. Hasil keuntungan yang diperoleh pun banyak. Namun tidak hanya ikan saja yang dapat dibudidayakan, tapi organisme air lainnya dapat juga dibudidayakan seperti kerang, udang, kepiting, tumbuhan air, dan masih banyak lagi.

e. Budidaya Hewan Ternak

Membudidayakan hewan ini menjadi peluang besar bagi para pembudidaya, karena manfaat dari hewan banyak sekali dan beragam. Hal tersebut menjadikan peluang yang besar bagi para pembudidaya. Contoh hewan yang sering dibudidayakan yaitu sapi, ayam, domba, kambing, bebek, dan masih banyak lainnya.

3. Manfaat Budidaya

Budidaya sangat identik dengan petani dan peternak. Umumnya para petani melakukan budidaya tanaman, sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Sedangkan untuk peternak membudidaya hewan seperti sapi, ayam, domba, kambing, dan hewan air lainnya.

Hal tersebut memberikan hasil yang menggiurkan bagi petani dan peternak dengan menjual hasil dari pembudidayaan. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari budidaya seperti berikut ini

Mendapatkan hasil keuntungan yang baik dari pembudidaya ataupun untuk yang mengkonsumsinya.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil produk yang bernilai.

Agar meningkatnya kesejahteraan penduduk dengan pembukaan lapangan kerja di bidang pembudidayaan.

Dari kegiatan budidaya dapat sebagai pembelajaran untuk bagaimana mengelola sumber daya dengan maksimal.

Aktivitas budidaya tanaman dapat membantu menambahkan udara yang segar dan bersih.