Resi adalah nomor unik yang menjadi bukti pengiriman barang yang berasal dari jasa layanan jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Kode ini memiliki fungsi utama untuk melacak keberadaan paket yang dikirimkan. Layanan ekspedisi ini ada banyak sekali diantaranya JNT, JNE, Ninja Express, Tiki, Pos Indonesia, Go Send, dan lain sebagainya.

Cara melacak resi shopee

Untuk cara cek resi shopee, tidaklah sulit, yang anda perlu lakukan adalah membuka aplikasi shopee atau situs shopee kemudian masukan password dan username atau nomor hp atau email. Setelah berhasil masuk, pilih bagian menu “saya”. Setelah itu pilih “kirim” pada bagian belanjaan saya. Klik nama barang yang sedang dikirim. Scroll sampai ke bagian pengiriman dan klik lacak. Nanti akan muncul pesanan anda dan informasi dimana lokasi barang anda saat ini.

 

Bagaimana jika seandainya barang tak kunjung datang

Jika barang tidak sampai juga ke lokasi anda, maka ada beberapa cara yang dapat anda tempuh seperti mengajukan permohonan pengembalian barang atau anda bisa juga mengajukan permohonan pengajuan perpanjangan garansi.

Terkadang orang yang pertama kali membeli barang secara online akan merasa paket yang dikirimkan cukup lama. Ini karena anda tidak sabar untuk memiliki barang yang anda beli.

Setiap jasa ekspedisi menampilkan estimasi pengiriman barangnya. Ini tertera pada shopee. Ada juga pilihan pengiriman 1 hari seperti “same day” dan “yes” (yakin esok sampai). Jika waktu pengiriman barang sudah jauh dari estimasi yang tertera di awal, anda sebaiknya mengajukan permohonan seperti yang dijelaskan sebelumnya.

 

Pastikan anda memasukan alamat dengan jelas, terbaca, mudah dipahami, dan aktual. Kesalahan penulisan akan menyebabkan sulitnya kurir mencari tempat anda dan ini akan membuat pengiriman barang semakin lama.

Sebaiknya selama pengiriman barang, anda selalu ada di rumah karena kurir akan memberikan barang langsung ke anda. Kurir tidak akan mengirimkan barang ke tetangga anda (kecuali jika diminta). Jika memang anda sedang tidak ada, maka biasanya barang akan diletakan di kantor ekspedisi.

 

Sumber: Pojok Sosmed (Pojoksosmed.com)