Siapa yang tidak kenal dengan disinfektan? Terlebih ketika maraknya penyebaran virus Corona atau Covid-19, cairan ini banyak digunakan. Bahkan, penyedia jasa penyemprotan disinfektan pun cukup digandrungi kehadirannya. Seperti yang kita tahu bahwa virus, bakteri, kuman atau mikroorganisme bisa membahayakan kesehatan. Terlebih jika sudah menginfeksi sel-sel di dalam tubuh manusia.

Disinfektan dan Cara Penggunaannya

Seperti yang diketahui, disinfektan inilah yang merupakan bahan kimia di mana fungsinya bisa menghambat bahkan membunuh mikroorganisme tersebut. Pada dasarnya, disinfektan dibuat dari bahan kimia atau campuran pada bahan kimia yang bentuknya berupa cairan. Nantinya, cairan ini akan disemprotkan pada permukaan benda-benda mati yang berkemungkinan menjadi sarang mikroorganisme tersebut.

Adapun beberapa permukaan yang biasanya digunakan adalah seperti furniture dan perabotan yang ada dalam rumah, kantor, gedung-gedung, ruangan-ruangan, hingga lantai, tangga dan sebagainya. Meskipun begitu, kebanyakan orang masih tidak mengetahui bagaimana tatacara penggunaan disinfektan ini. Terlebih jika penggunaannya tidak oleh jasa disinfektan yang sudah berkompeten. Jika Anda menggunakan cairan disinfektan, berikut adalah tatacara penggunaannya yang tepat:

  • Bedakan Disinfektan dan Antiseptik

Kebanyakan orang masih kurang mengetahui apa perbedaan disinfektan dengan antiseptik. Bahkan, di masyarakat sendiri masih banyak yang salah kaprah. Bisa kita lihat di beberapa pemberitaan yang beredar, dimana ada pemberlakuan penyemprotan disinfektan pada tubuh manusia. Padahal, hal tersebut sangat tidak boleh dilakukan  karena sangat berisiko.

Dari segi penggunaan jelas sudah berbeda, disinfektan digunakan hanya pada benda mati. Sementara untuk benda hidup seperti manusia atau hewan, maka digunakan antiseptik. Penggunaan disinfektan pada tubuh bisa mengiritasi kulit yang terkenainya, bahkan yang paling membahayakan bisa memicu risiko kanker.

  • Kenali Berbagai Jenisnya

Jika Anda melihat pihak jasa disinfektan, kebanyakan dari mereka sering menggunakan disinfektan yang berjenis cairan. Di mana dalam penggunaannya dilakukan dengan menyemprotkan cairan tersebut ke benda-benda mati untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan virus. Meskipun begitu, disinfektan pun punya banyak jenis lainnya.

Ada yang mengusapkan larutan disinfektan pada benda mati, fogging atau menyemprotkan cairan secara langsung, ada juga yang menggunakan sinar UV dengan jumlah gelombang tertentu jika permukaannya sulit dijangkau.

  • Sesuaikan Produk Disinfektan Sesuai Bahannya

Jika Anda memilih tidak menggunakan jasa disinfektan, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam memilih jenis produk disinfektan. Pasalnya, setiap disinfektan bisa jadi memiliki kandungan bahan yang berbeda beserta kadang persentasenya. Beberapa produk yang sering ditemukan misalnya sodium hipoklorit, hidrogen peroksida, alkohol 60-70 persen, dan amonium kuartener atau sejenis detergen kationik.

Lebih baik teliti terlebih dahulu mengenai bagaimana tingkatan bahan-bahan disinfektan yang Anda pilih. Bagaimana reaksinya, bagaimana takaran penggunaannya, dan lain sebagainya. Hal ini untuk meminimalisir risiko berbahaya bagi tubuh makhluk hidup jika mengenai bahan disinfeksi tersebut.

Tips Penggunaan Disinfektan

Selain beberapa hal tersebut yang merupakan tatacara penggunaan disinfektan yang tepat, terlebih jika tidak menggunakan jasa disinfektan, Anda juga perlu memerhatikan beberapa tips berikut:

  1. Gunakan sarung tangan dan pakaian tertutup saat menyemprotkan atau menggunakan disinfektan
  2. Beri jeda beberapa waktu, minimal 15 menit ketika Anda akan membuat kontak langsung dengan benda-benda yang sudah disemprotkan disinfektan
  3. Jauhkan diri ketika ada petugas atau pihak jasa yang sedang melakukan penyemprotan
  4. Pastikan terdapat ventilasi udara yang baik di ruangan saat proses disinfeksi berlangsung
  5. Cuci tangan yang bersih setelah menggunakannya

Bagaimanapun, tatacara penggunaan disinfektan ini sangat perlu diketahui agar semuanya lancar dan aman terkendali. Namun, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa memilih jasa disinfektan yang sudah terpercaya agar lebih praktis dan tentunya mudah juga tepat.