Saat ini lagi hist furniture DIY ( Do it yourself ) yang banyak sekali tutorial nya di sosial media. Apa sih diy itu? diy merupakan pembuatan produk furniture secara pribadi atau sendiri dirumah. Istilahnya adalah membuat produk sendiri dan dipakai sendiri.

Dalam proses pembuatan bila tidak mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan disiapkan sebelum proses pembuatan furniture, maka akan bingung untuk sebagian orang awam. Produk furniture sendiri banyak bahannya, nah kali ini kita fokus membahas furniture dari triplek yaa.

Beda dengan bahan kayu, triplek sendiri lebih mudah untuk proses pembuatannya, karena tidak perlu menyambung  tidak perlu menghaluskan atau menyerut. Serta dalam proses produksinya untuk alat hanya butuh beberapa saja, tidak rumit seperti furniture kayu.

Berikut alat yang harus disiapkan :

  • gergaji Khusus triplek
  • Palu
  • Pensil, meteran, Siku
  • Bor dan Serkel

Bahan yang perlu di siapkan

  • Triplek 18 mili, dan lainnya sesuai kebutuhan
  • Lem kayu warna putih
  • Lem epoxy
  • Sekrup dan paku
  • Dll

Nah berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan, itu adalah gambaran umum, tergantung anda mau buat produk apa. Bisa udah cukup dengan itu, dan bisa juga nambah sesuai dengan produk yang mau dibuat.

Berikut langkah membuat furniture dari triplek :

1. Buatlah gambar atau sket produk yang anda mau buat, beserta ukurannya, kemudian setelah selesai ukurkan ke triplek yang sudah anda siapkan

2. langkah kedua setelah anda ukuran triplek, jangan lupa potong sesuai ukuran produk anda. Anda bisa memotong dengan gergaji khusus triplek, ini agar triplek setelah dipotong tidak rusak.

3. setelah pemotongan bahan, lalu perakitan, nah dalam proses ini anda bisa merakit dengan menyatukan antar bagian. Permukaan yang mau di rekatkan lem terlebih dahulu, lalu setelah itu kemudian proses perekatan bisa menggunakan paku atau sekrup agar merekat lebih baik.

4. proses terakhir adalah proses penghalusan bagian bagian yang kasar sebelum tahap pewarnaan untuk produk furniture triplek ini. jangan lupa untuk mengecek bagian-bagian yang belum rapi dan kuat. Controlling sangat penting agar hasil lebih baik dan berkualitas

Itulah cara bagaimana proses furniture triplek dibuat, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan dibantu keluarga anda, biasanya hasil bikinan sendiri memiliki kepuasan tersendiri dan rasa bangga.

Namun bila anda menginginkan produk furniture kayu, bisa memesan secara langsung ke pengrajin dewamebel.com untuk produk berkualitas dengan banyak desain dan model baru yang di produksi langsung di Kota Jepara.