Permen coklat ialah salah satu jenis makanan ringan yang dibuat dengan bahan baku coklat , bahkan bisa jadi permen yang cuma bagian permukaannya saja yang dilapisi coklat.

Pembuatan permen coklat  yang paling dasar ialah hanya dengan melelehkan coklat batangan kemudian dicetak pada alat pencetak. Kemudian jika ingin ditambahkan praline atau bisa disebut bahan pengisi (filling) dapat memakai kacang-kacangan atau buah-buahan segar.

Cara Membuat Permen Coklat

1. Cara Membuat Permen Coklat Mede

Bahan-bahan :

  • Cokelat batangan 3 blok, atau jika ingin membuat coklat sendiri dari biji kakao sampai jadi coklat, bisa menggunakan mesin coklat.
  • Kacang mede yang sudah dikupas dengan alat pengupas mete, kemudian di sangrai 

Cara Membuat Permen Coklat Mede :

  1. Langkah pertama potong cokelat menjadi kecil-kecil.
  2. Selanjutnya masukkan ke panci anti lengket. Atau bisa memakai wadah dari bahan kaca.
  3. Tim coklat tadi diatas api sedang sampai cokelat meleleh.
  4. Kemudian ambil cetakan dan masukkan kacang mede ke dalam setiap cetakan.
  5. Lalu tuang cokelat yang sudah meleleh pada cetakan.
  6. Jika sudah bisa didiamkan sebentar hingga uap panasnya hilang.
  7. Kemudian masukkan ke dalam freezer selama sekitar 10 menit sampai cokelat mengeras.
  8. Jika dirasa sudah mengeras lalu keluarkan permen cokelat dari cetakan. 

2. Cara Membuat Permen Coklat Caramel

Bahan-bahan:

  • Susu kental 1 sdm 
  • Vanilla 1 sdt 
  • Garam 1/4 sdt
  • Butter 100 gram 
  • Gula pasir putih 100 gram 
  • Sirup jagung 2 sdm 
  • Coklat blok sesuai selera

Cara Membuat Permen Coklat Caramel :

  1. Langkah pertama ambil sirup jagung kemudian panaskan bersama gula dengan api sedang. Aduk hingga menjadi karamel, lalu masukkan butter dan susu.
  2. Lalu kecilkan api, aduk terus hingga menyatu. Selanjutnya matikan api dan masukkan vanilla beserta garam sambil terus diaduk rata.
  3. Kemudian lelehkan coklat, jika sudah meleleh buat satu lapisan pada cetakan, lalu dinginkan sesaat dengan suhu ruangan hingga mengeras.
  4. Selanjutnya masukkan caramel, lalu tutup dengan coklat lagi. Lalu biarkan samapi mengeras, sambil beri taburan garam di atasnya.

Manfaat Mengkonsumsi Coklat

1. Meningkatkan Mood

Coklat sangat dikenal bisa meningkatkan mood. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan jika mengkonsumsi coklat bisa menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan tubuh ketika sedang stres dan  bisa merangsang otak agar melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang bisa membuat Anda lebih merasa bahagia.

2. Menyimpan Antioksidan

Selain sayur dan buah, ternyata coklat juga dikatakan sebagai salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Dan coklat ternyata memiliki kandungan lebih banyak variasi antioksidan.

Beberapa jenis antioksidan yang dimiliki coklat ialah flavanol, katekin, polifenol dan sebagainya. Manfaat kandungan antioksidan ini bisa melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan  bisa mencegah kanker.

3. Kaya Akan Mikronutrien

Coklat hitam memiliki kandungan berbagai jenis mikronutrien. Pada 100 gram coklat hitam terdapat 11 gram serat, 230 mg magnesium, 12 mg zat besi,  73 mg kalsium, 2 mg mangan,  dan masih banyak lagi. Selain mengandung delapan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh, coklat juga memiliki kandungan berbagai vitamin.

 

Demikian pembahasan mengenai cara membuat permen coklat yang bisa kalian jadikan camilan dirumah. Semoga bermanfaat.