cara share video youtube ke instagram lewat hp

Instagram kini memang semakin digemari oleh semakin banyak kalangan untuk bisa terhubung dan saling berbagi dengan orang lain. Tak hanya dari kalangan remaja saja, kini jejaring sosial ini juga semakin banyak digunakan oleh pengguna dewasa.

Kamu pun pasti sepakat karena memang kini semakin banyak konten menghibur dan bermanfaat yang dibagikan oleh pengguna Instagram lainnya.

cara share video youtube ke instagram lewat hp

Mendapatkan Video dan Bagaimana Cara Share Video YouTube ke Instagram

Begitu pula jika Kamu yang mungkin juga ingin berbagi konten lain yang menghibur dan bermanfaat dengan pengguna lainnya. Misalnya suatu ketika Kamu menemukan konten video menarik di YouTube lalu ingin membagikannya ke teman-teman di Instagram. Sayangnya sampai saat ini masih belum ada cara langsung untuk membagikan video dari YouTube ke Instagram langsung dari platform masing-masing.

Tapi Kamu tak perlu menyerah, sebab kali ini kita akan bahas bagaimana cara share video Youtube ke Instagram lewat HP. Dengan begitu, Kamu bisa berbagi konten yang lebih menarik ke followers akun Instagram tanpa harus repot mencari laptop atau komputer terlebih dahulu. Hasilnya, Kamu tidak perlu lagi kehilangan momen atau melewatkan ide membagikan video ke Instagram. Jumlah followers pun bisa Kamu tingkatkan dengan cara ini.

Pada dasarnya, Kamu hanya perlu mengetahui bahwa Kamu hanya perlu mendownload file video YouTube tersebut, entah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi berbasis web. Selanjutnya, Kamu perlu mengedit atau memotong durasi video tersebut karena Instagram menerapkan batasan resolusi dan durasi video yang bisa diunggah ke platform mereka. Sementara langkah kerja yang bisa Kamu lakukan antara lain:

Persiapan Sebelum Share Video Youtube ke IG Kamu

Artikel Menarik Lainnya tentang trik-trik Twitter, bisa kamu baca di Blog Pakar Dokumen.

Pertama, Kamu perlu menyiapkan beberapa hal untuk bisa mengunduh video YouTube. Kamu yang memiliki spesifikasi dan penyimpanan smartphone yang mencukupi, bisa mempertimbangkan aplikasi pihak ketiga seperti TubeMate dan sebagainya. Aplikasi seperti ini bisa jadi pilihan praktis, terlebih jika Kamu sering mendokumentasikan video di media sosial. Aplikasi seperti ini tidak bisa didapatkan dari Google PlayStore maupun App Store sehingga Kamu perlu mencarinya dari sumber lain.

Alternatif bagi Kamu yang jarang mendownload video atau memiliki HP dengan resource terbatas, bisa menggunakan aplikasi berbasis web seperti savefrom.net d sebagainya. Layanan pengunduh video ini bisa Kamu akses dari browser smartphone tanpa perlu instal aplikasi aneh-aneh yang bisa saja berisiko. Kamu hanya perlu menyalin link atau URL video YouTube yang diinginkan lalu paste ke kolom yang disediakan saja.

Dapatkan File Video

Membuka YouTube dari aplikasi seperti TubeMate, Kamu bisa langsung mencari video yang diinginkan. Setelah video yang dimaksud Kamu temukan, klik tombol “Unduh” untuk mulai mengunduh video dalam berbagai pilihan kualitas. Sebaiknya Kamu memilih resolusi 1080p yang merupakan resolusi maksimal video Instagram. Jika opsi tersebut tidak ada, Kamu bisa menggunakan aplikasi pengonversi video MP3.

Selain menyesuaikan resolusi video, Kamu juga perlu memastikan bahwa durasi video yang akan diunggah sudah memiliki durasi 60 detik atau kurang. Artinya, Kamu perlu melakukan crop atau memangkas video YouTube yang biasanya memiliki durasi lebih panjang. Setelah video tersebut terbagi menjadi beberapa klip, rangkai lagi menjadi satu video yang memiliki durasi 1 menit. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit video atau cukup menggunakan aplikasi bawaan smartphone.

Share Video Youtube ke Instagram

Setelah file video tersebut siap, Kamu bisa mengunggahnya ke akun Instagram. Caranya pun mudah saja, cukup dengan buka aplikasi Instagram lalu klik ikon plus yang ada di bagian bawah. Selanjutnya, browse file video YouTube yang telah Kamu edit tadi. Kamu juga bisa menambahkan filter lain agar video terlihat lebih menarik. Jangan lupa untuk menambahkan caption yang sesuai lalu klik “Bagikan”.

Itulah cara share video YouTube ke Instagram lewat HP untuk menjangkau followers lebih banyak tanpa khawatir kehilangan momen. Mudah bukan?