olshop

Kalau zaman dulu orang membutuhkan toko fisik atau tempat yang strategis untuk membuka usahanya, maka sekarang di zaman yang semakin canggih ini, orang-orang hanya membutuhkan internet saja untuk mempromosikan dagangannya. Tidak hanya mudah, membuka toko online juga meminimalisir modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha tersebut.

olshop

Selain itu keuntungan yang akan kamu dapatkan juga sangat menggiurkan dari bisnis ini, karena modal yang kamu butuhkan tak sebanyak ketika membuka usaha di area pertokoan. Agar toko online yang akan kamu buka nanti dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan seperti yang kamu inginkan, maka kamu harus menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk membuka toko onlinemu dengan baik. Lalu modal apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuka toko online ?

Menentukan produk dari toko online

Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum terjun ke dunia bisnis adalah menentukan produk yang akan kamu pasarkan di toko onlinemu, produk barang atau jasa? Apabila kamu ingin menjual produk barang, maka kamu harus mengetahui produk barang apa sajakah yang banyak dibutuhkan oleh konsumen, barang yang saat ini sedang trend, dan barang yang paling laku di pasaran.

Namun jika kamu ingin menjual produk berupa jasa, maka pilihlah yang sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Misal kamu memiliki keahlian menulis, maka kamu dapat membuka jasa penulis artikel, dan masih banyak lagi. Manfaatkanlah keahlian yang kamu miliki untuk membuka toko onlinemu.

Menentukan harga jual

Menentukan jumlah harga untuk produk yang akan kamu jual sangat penting untuk kelangsungan toko onlinemu. Karena dengan menentukan harga yang ideal, maka para pelanggan tidak akan kabur dari toko onlinemu karna harga yang terlalu mahal, atau kamu tidak akan mengalami kerugian karena harga yang dibandrol terlalu murah.

Membuat website

Kamu dapat mempromosikan toko onlinemu melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Line, dan lain-lain. Namun akan lebih memudahkan lagi jika kamu memiliki website pribadi yang nantinya akan jadi lapak menjual produk barang atau jasa tokomu, serta testimoni-testimoni dari para konsumen, agar calon pembeli yang melihat toko onlinemu semakin yakin dan percaya.

Membeli domain

Setelah membuat website pribadi, langkah selanjutnya adalah membeli domain agar tokomu mudah diakses oleh para konsumen. Buatlah nama domain yang jelas, singkat, serta menarik agar mudah dihafal dan diingat oleh para konsumen.

Sistem pembayaran yang mudah dilakukan dan beragam

Kemudahan dalam sistem pembayaran tentunya akan membuat konsumen senang dan memilih untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Tawarkan sistem pembayaran yang beragam dan mudah dilakukan, agar para konsumen tidak merasa kesulitan ketika bertransaksi dengan tokomu.

Melakukan penjualan di Marketplace

Salah satu tempat berjualan online yang dapat kamu pilih adalah marketplace. Melalui platform ini, kamu dapat melakukan transaksi jual beli, sekaligus bertemu dengan sesama penjual lainnya. Langkah promosi yang akan kamu lakukan juga dapat lebih mudah, karena jangkauan di marketplace lebih luas.

Promosi

Promosi sangat penting perannya bagi kelangsungan sebuah bisnis, karena dengan promosi bisnis yang kamu geluti akan semakin dikenal luas oleh masyarakat. Pikirkan secara baik strategi promosi yang akan kamu gunakan, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi tersebut.

Jujur dengan produk yang dijual

Kejujuran adalah pondasi awal yang akan memperkokoh kelanjutan bisnismu. Jujur terhadap produk yang kamu jual kepada konsumen, akan membuat konsumen menyukai dan mempercayai toko onlinemu. Sehingga konsumen akan kembali berbelanja ke tokomu karena merasa puas. Namun sebaliknya, jika kamu tidak jujur terhadap produk yang kamu jual, maka konsumen akan kecewa dan tidak akan mau kembali berbelanja di tokomu.

Demikian informasi tentang hal penting sebelum membuka toko online, semoga bermanfaat ya.. Kunjungi juga situs kangmasian untuk dapatkan informasi menarik lainnya.