pendirian pt

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sedang digencarkan oleh presiden Joko Widodo maka dibuatlah sejumlah paket kebijakan yang nantinya akan memudahkan pengusaha meningkatkan bisnisnya dan mencetak bisnis baru yang semakin baik.

Diantaranya, yang paling berdampak adalah perihal prosedur serta syarat untuk pengajuan pendirian PT yang semakin mudah, terlindungi, dan juga sangat memberdayakan UMKM nantinya. Lalu apa saja yang harus anda ketahui mengenai UU Prakerja ini? Berikut ulasannya.

pendirian pt

Pendirian PT untuk UMK

Pemerintah sebelumnya telah menerbitkan UU No. 40 Tahun 2007 yang mengatakan bahwa PT merupakan badan hukum persekutuan modal yang berdiri atas perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha dengan dasar modal yang dibagikan dalam bentuk saham yang telah memenuhi persyaratan dalam UUPT.

Dalam aturan lama dijelaskan bahwa PT setidaknya harus didirikan oleh 2 orang terkecuali PT yang sahamnya dimiliki oleh negara dan juga pengelola bursa efek, lembaga penyimpanan dan beberapa lainnya.

Dalam UU Cipta Kerja ini PT memiliki perubahan yang intinya mengatakan bahwa modal dasar terbagi dalam saham dan badan hukum perorangan. Dengan demikian maka PT dapat dimiliki dan didirikan oleh hanya setidaknya 1 orang saja.

Selain itu PT yang dikhususkan untuk UMK tidak perlu membuat akta pendirian tetapi hanya membutuhkan surat pernyataan pendirian saja. Dengan demikian maka akan lebih mudah bagi UMK untuk meningkatkan usahanya menjadi berbadan hukum.

Besaran Modal Minimal untuk Mendirikan PT

Salah satu kendala terbesar dalam pendirian PT adalah jumlah modal yang diharuskan untuk membuat PT adalah sebanyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Karena jumlah ini amat besar bagi sebagian kalangan maka inilah yang paling menghambat seseorang untuk mendirikan PT. Belum lagi untuk biaya pengurusan surat-surat, jasa pendirian PT, dan biaya lainnya.

Oleh sebab itu UU Cipta Kerja memberikan solusi dengan menghapus syarat minimal pendirian PT. Jadi saat ini minimal modal dasar untuk mendirikan PT adalah berdasarkan keputusan perorangan yaitu tergantung keinginan pendiri sendiri. Ini adalah angin segar bagi siapapun yang ingin mendirikan PT.