Seorang guru mempunyai peran yang sangat besar dalam mengoptimalkan minat belajar yang dimiliki oleh siswa. Guru dapat menjadi penentu seorang siswa mempunyai ketertarikan kepada sebuah pelajaran atau tidak. Kebanyakan, murid yang menyukai gurunya juga akan menyukai pelajarannya. Jika mereka tidak suka pada gurunya, otomatis mereka juga tidak akan menyukai gurunya. Lalu apa peran guru dalam hal ini? Berikut diantaranya.

Pengajar

Sudah menjadi kodratnya seorang guru berperan sebagai pengajar. Sebagai pengajar yang baik, guru sangat berpengaruh pada minat belajar siswa. Bagaimana seorang guru mengajar siswa sangat menentukan siswa tersebut berminat pada materi pembelajaran atau tidak. Jika seorang guru mampu mengajar dengan baik, tentu para siswa akan lebih bersemangat untuk mengajar dan menantikan pelajaran selanjutnya.

Motivator

Guru yang selalu memberikan motivasi pada siswa dapat meningkatkan minat belajar yang dimiliki siswa. Tanpa motivasi yang diberikan, siswa akan malas untuk mengikuti pelajaran yang diberikan. Oleh karena itu, guru juga berperan sebagai motivator agar minat belajar siswa semakin meningkat.

Manager

Jika guru berhasil memberikan motivasi pada siswa, maka guru juga berperan dalam mengatur bagaimana siswa akan belajar. Maksud mengatur disini bukan mengharuskan siswa mengikuti cara belajar dari guru karena setiap siswa pati memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Tetapi maksud dari mengatur adalah guru mengarahkan siswa pada proses yang lebih optimal.

Pengawas

Saat para siswa sudah mempunyai minat belajar yang tinggi, itu artinya para siswa sudah dapat melakukan proses belajar dengan lancar. Nah, jika sudah begini, guru tinggal mengawasi saja. Siapapun siswanya, mereka pasti akan lebih suka jika gurunya terlihat mengawasi atau memperhatikan apa yang mereka kerjakan sehingga lebih semangat.

Evaluator

Menjadi evaluator atau penilai yang baik tentu dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Seringkali kita temui para guru tidak memberikan nilai terhadap tugas yang diberikan pada siswanya. Hal ini justru akan membuat siswa malas belajar karena apa yang sudah mereka hasilkan tidak dihargai. Karena itu, memberikan nilai juga akan meningkatkan minat belajar siswa.

Fasilitas

Fasilitas yang baik akan membuat siswa menjadi lebih mudah mengexplore ilmu pengetahuan, misalnya adanya perpustakaan, buku yang lengkap, internet dan sebagainya. Namun apabila pihak sekolah masih memerlukan pihak ketiga untuk membantu penyediaan fasilitas ini maka bisa langsung menghubungi pusatpercetakanonline.com agar segera dibantu untuk melengkapi fasilitas yang dibutuhkan para siswa demi menunjang minat belajar mereka.

Sebagai guru yang baik, seseorang harus mengerti bagaimana menumbuhkan minat belajar yang ada dalam diri anak. Melalui berbagai cara yang ada, minat belajar akan meningkat jika benar-benar diperhatikan.