Bertani atau berkebun bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan tanpa ada pengalaman. Semua itu ada ilmunya, banyak pertimbangan dilakukan mulai dari persiapan lahan, penyemaian bibit, dan tidak lupa faktor penting lainnya mengenali jenis-jenis pupuk kandang terbaik untuk tanah di kebun Anda.

Wajib Tahu Jenis-Jenis Pupuk Kandang Ini

Pupuk biasanya banyak dibuat dari feses yang diproses melalui fermentasi, namun ada pula dari bahan utama urine. Itulah mengapa pupuk dibedakan menjadi dua, yakni padat dan cair. Bagi Anda jika sedang ingin terjun ke bidang pertanian, wajib hukumnya untuk tahu karakteristik jenis-jenis pupuk kandang.

Pupuk Kotoran Sapi

Salah satu sering digunakan para petani untuk membuat hasil melimpah adalah menggunakan pupuk kotoran sapi. Jenis satu ini mempunyai harga relatif murah namun hasil bagus, karena terdapat kandungan selulosa. Bahan tersebut merupakan jenis senyawa yang telah mengalami dekomposisi. Namun banyak orang masih salah paham, beranggapan jika memberikan kotoran sapi masih segar juga sama saja dengan pupuk, padahal itu salah besar. Kotoran tanpa proses fermentasi justru membuat keseimbangan nutrisi dalam tanah menjadi rusak, karena perebutan natrium.

Pupuk Kotoran Ayam

Pupuk kotoran ayam mungkin adalah jenis pupuk kandang paling banyak digunakan para petani. Unsur hara di dalamnya cukup tinggi, jadi sangat pas dijadikan vitamin bagi tanaman sayuran dengan siklus hidup lebih pendek. Selain itu cocok juga pada karakteristik tanah di Indonesia. Pupuk kotoran ayam biasanya diberikan pada tanaman sayuran dengan campuran sekam padi. Cara ini membuat tanaman lebih segar. Sekam padi sendiri banyak mengandung unsur kalium yang sangat dibutuhkan tanaman. Hasil akan semakin bagus asal tidak berlebihan dalam proses pemupukannya.

Pupuk cair

Selain pupuk padat seperti dua jenis diatas tadi, ada pula dalam bentuk cair. Terbuat dari urine hewan. Walaupun terbentuk dari sisa-sisa pencernaan metabolisme, didalamnya masih terdapat banyak kandungan yang dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang tanaman. Pemberian pupuk kandang memang penting dalam proses pertanian atau perkebunan. Namun tetap saja ada banyak pula hal-hal yang harus diperhatikan jenis-jenis pupuk kandang, agar tanaman bisa berhasil produksi secara maksimal. Belajar langsung dari pakarnya merupakan cara terbaik.