Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar. Dengan keragaman budaya dan kekayaan alam yang menjadi ikoniknya negara Indonesia. Tidak hanya itu saja, bahkan di Indonesia memiliki beragam wisata, mulai dari wisata alam, wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata religi. Banyak tempat wisata unik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Wisatawan yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal, namun para wisatawan dari belahan dunia pun tertarik akan tempat wisata yang hal-hal baru. Terutama untuk wisata religi yang dikenal hingga ke seluruh dunia. Namun apakah kalian tahu tempat wisata religi apa sajakah yang terkenal di Indonesia? Simaklah beberapa penjelasan berikut.

1. Masjid Istiqlal

Wisata religi yang pertama adalah Masjid Istiqlal. Pastinya tempat ini sudah tidak asing lagi bukan, bagi kebanyakan orang. Masjid ini terletak di Jakarta Pusat dan diklaim sebagai salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara. Karena kemegahannya, membuat para wisatawan dari mancanegara berdatangan.

Tidak hanya kemegahannya saja yang terkenal, namun masjid merupakan tempat bersejarah. Masjid Istiqlal diprakarsai oleh Presiden Ir Soekarno. Masjid ini dibangun dari tahun 1951 dan selesai pada tahun 1978. Bahkan arsitekturnya bernama Frederich Silaban yang merupakan seorang Kristiani yang lahir di Sumatera Utara.

Saat kalian berkunjung ke masjid ini, kalian akan disuguhi dengan kemegahan gaya arsitektur modern dengan ornamen geometris. Selain itu juga terdapat Struktur baja yang dapat memberikan kesan yang megah. Saat di dalam, para pengunjung akan langsung merasakan sensasi islami dari beberapa kegiatan ibadah di dalamnya.

2. Pura Tanah Lot

Wisata religi selanjutnya adalah Pura Tanah Lot. Pulau dewata ini terkenal dengan memiliki penduduk yang mayoritas menganut agama Hindu, sehingga banyak terdapat banyak pura yang menjadi wisata religi salah satunya adalah Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot terletak di pulau Bali. 

Destinasi wisata religi yang terletak di wilayah Tabanan ini merupakan ikon yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Perlu diketahui bahwa Pura Tanah Lot ini merupakan salah satu pura yang menjadi tempat ibadah pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

3. Patung Yesus

Destinasi wisata religi selanjutnya adalah Patung Yesus yang terletak di Toraja. Patung ini diklaim sebagai patung tertinggi dan mengalahkan Christ the Redeemer yang berada di Rio de Janeiro, Brazil.

Patung ini mempunyai nama resmi yakni "Patung Yesus Memberkati". Patung ini dibangun pada mei 2015 dengan upaya pemerintahan dalam menarik kunjungan wisatawan dari mancanegara.

Jalan untuk menuju ke tempat wisata religi ini bisa dibilang cukup mudah dijangkau dengan kendaraan. Meskipun patung Yesus ini disimbolkan untuk umat Nasrani, tapi sering dikunjungi oleh para wisatawan yang bahkan memiliki latar belakang agama yang berbeda.

4. Gua Maria Lourdes

Wisata religi yang berikutnya adalah Gua Maria Lourdes yang terletak di Puh Sarang, Kediri. Gua Maria Lourdes ini merupakan tempat ibadah bagi umat Katolik. Sesuai dengan namanya, tempat ini terdapat patung Bunda Maria yang memiliki ukuran yang besar.

Selain itu, ada juga 12 air pancuran yang disimbolkan sebagai 12 rasul Yesus. Pancuran air tersebutlah yang membuat daya tarik para wisatawan, yang dikarenakan air tersebut dapat diminum langsung. Dipercaya bahwa air tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan dan keberuntungan. 

5. Maha Vihara Mojopahit

Wisata religi yang terakhir adalah Maha Vihara Mojopahit yang terletak di kota Mojokerto. Kota Mojokerto dikenal sebagai tempat yang memiliki sejarah tentang kebesaran kerajaan Majapahit. Oleh karena itu, Mojokerto terdapat sebuah tempat wisata religi bagi orang yang menganut agama Buddha yang salah satunya adalah Maha Vihara Mojopahit.

Tempat wisata religi ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Vihara ini memiliki luas wilayah sekitar 20.000 meter persegi. Tempat ini memiliki desain bangunan yang unik dan menarik. Jika kalian melihat secara langsung, kalian akan melihat bangunan utama dari vihara ini yang begitu dalam dengan arsitektur jawa.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan desain bangunan atapnya yang memiliki bentuk joglo. Selain itu, bihara ini memiliki Patung Budha Tidur yang diklaim sebagai patung terbesar ketiga di Asia Tenggara.