Bersepeda adalah jenis olahraga yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia di era pandemi covid 19. Bersepeda menjadi olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Namun berkeliling menggunakan sepeda memiliki resiko yang besar, sehingga harus dilakukan dengan penuh kewaspadaan.

Supaya anda tetap bisa berkeringat saat berada di rumah, maka anda bisa menggunakan sepeda statis untuk berolahraga. Tidak hanya membuat anda berkeringat, namun alat fitness sepeda juga bisa membuat kesehatan anda terjaga dengan baik. Untuk kesehatan, setidaknya ada beberapa manfaat dari penggunaan sepeda statis.

Manfaat Sepeda Fitness

1. Menstabilkan Kadar Kolesterol

Sepeda statis bisa membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Dengan menggunakan sepeda, maka anggota tubuh anda akan aktif bergerak. Alat ini juga bisa membantu anda menyegarkan kondisi fisik atau menjaga stabilitas fisik.

Apabila tubuh anda terus bergerak dengan aktif, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan hilang. Kadar kolesterol baik yang tinggi akan membuat tubuh anda terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung.

2. Mengurangi Berat Badan

Bersepeda rutin akan membuat tubuh anda lebih bugar dan akan menstabilkan kondisi berat badan. Jika anda memiliki berat badan yang berlebih, maka anda bisa kurangi berat badan dengan menggunakan sepeda statis.

Jika anda mengayuh sepeda statis dalam kecepatan yang rendah, maka akan ada 300 kalori yang terbakar setiap jamnya. Namun saat anda mengayuh sepeda dalam kecepatan yang tinggi, maka akan ada 400 kalori yang terbakar setiap jamnya.

3. Meminimalisir Resiko Cedera

Sepeda statis sangat direkomendasi untuk dipakai, karena sangat minim resiko cedera. Dibandingkan anda bersepeda di jalanan, tentu bersepeda di dalam ruangan akan lebih aman dan resiko kecelakaannya sangatlah minim.

Mengayuh sepeda statis juga bisa membantu memperkuat tulang dan persendian. Banyak yang bilang bahwa sepeda statis lebih bagus untuk kesehatan persendian dibandingkan dengan olahraga seperti jogging atau berlari.

4. Perkuat Otot

Manfaat yang tak kalah penting dari sepeda statis adalah mampu membantu dalam menguatkan otot. Sepeda statis berguna untuk tubuh bagian bawah, perut, tangan dan punggung. Jika berat beban anda besar saat menggunakan sepeda, maka otot akan bekerja lebih keras.

Namun saat anda menggunakan sepeda dengan beban yang rendah, maka sangat bermanfaat untuk pemanasan dan membantu tingkatkan ketahanan tubuh. Dengan membeli sepeda statis, tentu anda akan merasakan manfaat yang banyak buat kesehatan.

Anda juga bisa mengunjungi berbagai marketplace yang ada saat ini untuk mendapatkan informasi detail mengenai sepeda fitnes dan berbagai produk lainnya. Itulah bahasan lengkap mengenai manfaat sepeda fitness untuk kesehatan dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.