Media tanam dalam pertanian terdapat beberapa macam yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan serta ketersediaan di lingkungan sekitar. Meski terlihat sederhana namun mengetahui terkait hal ini sangat penting karena mempengaruhi keberhasilan nantinya.

Apa saja Media Tanam dalam Pertanian yang Sering Digunakan?

Media tanaman sendiri adalah tempat tanaman untuk tumbuh dan berkembanga serta mendapatkan nutrisi yang baik untuk menunjang hasil nantinya. Jenisnya sendiri sangat banyak, nda bisa menemukan di alam atau membuatnya dengan cara khusus, berikut beberapa diantaranya:

1. Sekam Hitam

Sekam sendiri merupakan kulit dari padi selanjutnya dibakar untuk dijadikan media tanam bunga, hal ini karena memiliki kemampuan meningkatkan kemampuan porositas tanah. Tujuannya agar menjadikan tempat tumbuh gembur sehingga memudahkan menyerap nutrisi.

Sekam hitam ini dipercaya untuk memperbaiki struktur di dalam tanah, manfaat yang akan didapatkan adalah media tumbuh menjadi lebih subur serta nutrisi didalamnya banyak. sebelum menerapkannya pastikan sudah mempelajari literatur terkait.

2. Pupuk Kandang

Media tanam dalam pertanian jenis ini mungkin oleh sebagian orang dianggap jorok atau lainnya, namun manfaatnya sendiri sangat banyak. Perlu Anda ketahui yang digunakan adalah sudah berbentuk tanah berwarna coklat.

Media tanam ini dianggap sangat cocok digunakan sebagai media tanam, bahan biasanya berupa kotoran ayam, kambing, sapi,dan sebagainya.pupuk kandang akan digunakan jika sudah berwarna kecoklatan dengan tekstur keras.

3. Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan bahan yang banyak digunakan untuk media tanam misalnya saja untuk anggrek, dan lainnya. selain memiliki unsur kalium lebih tinggi serta dapat mengikat air. Terdapat keunggulan yang bisa Anda dapatkan.

Pengaplikasian media tanam ini biasanya pada saat musim kemarau panjang, sehingga lebih menghemat penggunaan air. Perlu Anda perhatikan untuk selalu mengecek setiap harinya, karena jika ada jamur atau hama lainnya bisa segera dibasmi.

 

Demikian ulasan singkat terkait media tanam dalam pertanian yang bisa menjadi solusi untuk media tanam terutama saat musim kemarau tiba. Sebelumnya mempraktekkannya pastikan sudah memiliki literatur yang bisa dijadikan rujukan yang valid untuk menjamin keberhasilan.

Sumber lengkap : https://berkebun.co.id/