Bagi seorang pemula, banyak yang perlu diperhatikan dan perlu dipelajari, serta mengenali banyak aspek dalam dunia youtube. Salah satu hal yang paling sering ditanyakan adalah mengenai deskripsi. Jika itu juga yang anda alami, maka ini adalah artikel wajib untuk youtuber pemula seperti anda.

Sebenarnya hal yang ingin sekali saya sampaikan adalah deskripsi mempunyai pengaruh minor terhadap kesuksesan youtube anda. Jadi perhatikan videonya dan fokus pada perkembangan kualitas video anda.

Sebagai pemula seringkali seseorang mengurusi tetek bengek yang kurang esensial. Ingatlah untuk kembali ke hal paling dasar, pertanyaan utama, “Untuk apa anda membuat channel YouTube?” dan “Apa yang akan didapatkan oleh orang yang menonton video anda?”

Jika sudah paham, maka anda dapat melanjutkan ke pembahasan ini mengenai deskripsi. Meskipun seperti yang saya jelaskan sebelumnya yaitu mempunyai pengaruh minor jika dibandingkan dengan judul dan videonya namun anda perlu juga memperhatikan deskripsi.

Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai deskripsi bagi pemula.

Kenali penonton anda

Dalam membuat deskripsi, perhatikanlah penonton anda. Bagi sebuah video dalam rentang usia tertentu mungkin deskripsi nya akan sedikit berbeda karena disesuaikan dengan gaya bahasa dan tingkat pemahaman penonton.

Jadi hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali penonton anda. Dengan mengenali penonton anda maka nantinya deskripsi dapat anda sesuaikan dan akhirya akan sangat pas.

 

Tambahkan link aktif jika perlu

Anda bisa menambahkan link aktif yang berupa sumber referensi yang anda kutip di video. Link juga perlu disediakan agar penonton yang tertarik mencari tahu lebih jauh bisa mendapatkan informasi lebih detail. Yang lebih penting, anda bisa menambahkan link playlist atau serial video (part 1, 2 dst. Jika memang ada).

 

Kalimat awal yang menarik

Jika penonton membaca deskripsi yang anda tulis maka efeknya jumlah tayangan bisa bertambah. Oleh sebab itu, buatlah tulisan menarik antara 100 hingga 150 kata pembuka yang membuat penasaran sehingga penonton tertarik untuk mengklik “tampilkan lebih banyak”.