Di Indonesia, sapu yang dibuat dari sabut kelapa sangatlah tak asing dan sudah menjadi salah satu peralatan rumah tangga sebagai alat bersih-bersih. Jenis sabut kelapa yang dipakai untuk membuat sapu yakni sabut kelapa yang bertekstur halus dan tipis. Sapu merupakan kerajinan dari sabut kelapa yang cukup sederhana dibuat dengan modal yang relatif terjangkau.

Membuat Sapu dari Sabut Kelapa

Bahan-bahan:

  • Sabut kelapa yang sudah diurai dengan mesin pengurai sabut kelapa
  • Sebilah bambu ataupun carang panjang 1 m
  • Tali atau tambang dari sabut kelapa
  • Besaran kira-kira 2 – 3 mm dengan panjang 6 m
  • Sebilah bambu kecil dengan tebal 3 – 4 mm dan panjang 20 cm

Alat yang digunakan:

  • Kayu pemukul dan batu landasan
  • Sikat dari kawat
  • Pisau / parang dan jarum karung

Cara Membuat:

  1. Pertama sabut kelapa dipukul pukul supaya daging sabut lepas.
  2. Sabut yang sudah dipukul-pukul tersebut disikat supaya serabut yang pendek menjadi lepas
  3. Untuk serat yang pendek bisa dibuat tali
  4. Sedangkan untuk serat yang panjang diikat dengan tali sabut pada bagian ujungnya dengan ukuran kira-kira sebesar segenggaman pada jari telunjuk
  5. Setiap 1 buah sapu terdiri dari 4 akar sabut yang sudah terpisah serta 1 ikat sabut yang kemudian langsung diikatkan pada bagian ujung tangkai sapu
  6. Kemudian tusukan sebilah bambu kecil pada bagian ikatan sabut di ujung tangkai ibaratnya seperti bahu
  7. Selanjutnya tusukan keempat ikatan sabut tersebut pada bahu kanan serta kiri tangkai masing-masing sebanyak 2 ikat.
  8. Setelah itu ikatlah ujung sabut pada bagian atas bahu tangkai
  9. Sapu siap untuk dipakai. Anda juga bisa menggunakan mesin pemintal sabut kelapa agar lebih mudah.

 

Beragam Kerajinan Lainnya dari Sabut Kelapa 

1. Tali Tambang dari Sabut Kelapa

Tali tambang ialah salah satu kerajinan yang terbuat dari sabut kelapa dan tentunya cukup mudah dibuat, biar untuk pemula sekalipun. Pada ukuran diameter tali tambang yang diperjual belikan di pasaran juga beraneka ragam tergantung dari ketebalannya.

Lilitan yang terletak pada tali tambang disebut dengan sebutan ply dan umumnya yang sering terlihat di pasaran sekitar 2 sampai dengan 3 ply. Selain itu ada juga yang lebih dari sekitar 3 ply dan sering digunakan dalam pekerjaan berat untuk mengangkat beban.

2. Briket Unik dari Sabut Kelapa

Saat mendengarkan kata briket, mungkin yang terlintas di kepala ialah bahan pembakaran yang biasanya berasal dari batu bara ataupun tempurung kelapa. Di periode modern seperti saat ini sudah ada briket yang dibuat dengan berbahan dasar sabut kelapa. Briket merupakan salah satu kerajinan dari sabut kelapa yang mempunyai sifat lebih ramah lingkungan serta biaya produksinya yang lebih relatif lebih murah. Alasan kenapa diproduksi menjadi briket yakni sebab sabut kelapa mempunyai unsur karbon.

3. Jok Mobil dari Sabut Kelapa

Berikutnya produk kerajinan dari sabut kelapa yaitu jok mobil dan ini masih sangat jarang diketahui sebagian orang. Sementara industri otomotif brand yang sudah terkenal seperti Mercedes Benz, di beberapa mobil keluarannya telah memakai jok yang dibuat dari sabut kelapa.

Pemakaian sabut kelapa sebagai jok ini dikarenakan daya lentur yang dihasilkan. Disisi lain juga mempunya daya tahan yang bagus dan tak berbau. Selain itu sabut kelapa juga dianggap mempunyai tingkat pencemaran yang cukup rendah.

 

Itu dia artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.