Untuk Anda yang saat ini masih duduk di bangku kelas XII tentunya sudah mulai memikirkan ingin kuliah dimana. Hal ini pastinya tidak mudah dilakukan. Karena sejatinya kita inginkan perguruan tinggi terbaik yang sesuai dengan keinginan kita dengan minat dan bakat kita. 

Untuk itu perhatikanlah cara memilih jurusan kuliah yang tepat untuk Anda, diantaranya:

1. Kenali Passion yang Dimiliki

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan memilih jurusan adalah dengan mengenali passion diri yang dimiliki. Misalnya jika Anda memiliki kemampuan dibidang sains, namun ternyata minat dan keinginan Anda berada di jurusan bahasa karena memang menyukai sastra. Hal ini tentunya berseberangan dengan kemampuan. Maka harus diingat adalah modal utama dalam memilih jurusan adalah passion atau hasrat kita harus benar-benar kuat, bahkan harus menjadi hobi. Jika sudah begitu belajar pun akan lebih menyenangkan tidak akan menjadi beban.

2. Pahami Potensi Diri

Hal kedua yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu adalah dengan memahami potensi yang ada di dalam diri Anda. Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam bidang sastra. Maka pilihlah jurusan bahasa yang sesuai dengan kemampuan seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Berbeda dengan ketika memilih jurusan IPA dan IPS yang begitu mudah namun memilih jurusan yang diambil harus didasari dari kemampuan diri Anda sendiri. 

3. Sesuaikan Biaya Kuliah

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah jaman sekarang tidaklah murah. Biaya setiap jurusan bermacam-macam, ada yang mahal hingga ratusan juta ada juga yang lebih rendah hingga puluhan juta. Maka apapun jurusan yang Anda ambil harus mempertimbangkan juga keuangan orangtua. 

Jangan sampai memaksakan untuk memilih jurusan dengan biaya yang mahal namun orang tua tidak mampu membiayainya. Maka dari itu sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan orangtua mengenai jurusan yang Anda ambil juga masalah biayanya. Jika mereka bisa mengusahakan, maka Anda tidak usah bingung. Jika memang sulit, coba realisasikan dengan mengambil jurusan lain dengan mencari beasiswa.

4. Lakukan Riset

Jika memang diperlukan lakukanlah riset terlebih dahulu, sebelum Anda menentukan jurusan. Hal ini dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya per semester, dan lain sebagainya. Hasil riset ini akan membuat Anda tambah yakin dengan jurusan yang diambil. 

5. Lihat Peluang Usaha

Pastinya semua jurusan memiliki peluang kerja masing-masing. Contohnya untuk jurusan Pariwisata, maka nantinya akan kerja di sektor pariwisata dan perencanaannya. Jika mengambil jurusan keperawatan, maka peluang kerjanya akan di dapatkan di rumah sakit atau klinik. Disarankan untuk memilih jurusan yang memiliki peluang pekerjaan yang tinggi. Karena percuma saja jika Anda mengambil jurusan yang terlihat keren namun peluang kerjanya rendah. Caranya dengan melihat para lulusan dari jurusan yang Anda ambil agar mengetahui pekerjaan apa yang mereka geluti.

6. Tidak Ikut Teman

Memilih jurusan perkuliahan bukanlah hal yang sepele, maka jangan anggap remeh dengan memilih jurusan hanya karena ikut-ikut teman. Akan sangat merugikan jika semuanya salah bahkan tidak sesuai dengan passion Anda. Untuk itu pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Itulah beberapa tips memilih jurusan perkuliahan yang tepat. Untuk lebih memudahkan Anda mengetahui berbagai masalah perkuliahan bisa klik goKampus.com. Disana Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia juga berbagai jurusan yang bisa Anda pilih.