mimbar masjid

Luas bangunan masjid menentukan ukuran mimbar yang akan digunakan. Memilih ukuran yang tepat untuk mimbar menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Agar jamaah dan penceramah bisa terus berinteraksi. Dengan bentuk mimbar yang tepat akan membuat majelis ilmu yang dihadiri terasa lebih akrab dan menyatu tanpa adanya sekat pemisah.

Anda yang mencari mimbar berukuran kecil yang sesuai untuk masjid bisa memilih beberapa macam model mimbar berikut ini. Pilihlah beberapa mimbar berikut ini untuk anda pilih dari pengrajin.

mimbar masjid

  • Mimbar podium presiden

Bentuk mimbar berukuran 63 cm x 62 cm x 137 cm memiliki bentuk yang elegan layaknya mimbar kenegaraan. Pada dinding mimbar diberikan ukuran berwarna keemasan yang memberikan kesan mewah.

Mimbar masjid ini memiliki dua buah tiang kecil pada sisi kanan dan kiri yang berfungsi sebagai hiasan. Bentuknya yang mewah dengan harga di bawah dua jutaan membuat mimbar ini banyak dipilih.

  • Mimbar kecil

Mimbar yang satu ini dibandrol dengan harga dua jutaan. Ukuran mimbar ini 65 cm x 40 cm x 125 cm, ukuran yang cukup kecil untuk sebuah mimbar yang banyak digunakan saat ini di masjid perkotaan.

Bentuknya sederhana dengan kaki berbentuk segi empat sebagai penahan dengan bagian depan melebar dari bawah ke atas. Pada bagian atas terdapat sebuah meja berbentuk segi empat sebagai tempat meletakkan tangan.

  • Podium kecil

Anda yang membutuhkan mimbar ukuran kecil bisa memilih mimbar yang satu ini. Ukuran yang kecil membuatnya mudah diletakkan di ruang kecil sekalipun.  Ukuran mimbar ini sangat kecil dan sederhana.

Bentuknya pun sederhana. Hanya berupa meja segi empat dengan kaki menyatu sebagai dinding depan, menggunakan beberapa ukiran sederhana pada bagian atas dan tengah mimbar masjid.

  •  Mimbar stainless

Ini adalah mimbar yang memiliki ukuran kecil. Pada bagian atas tetap menggunakan kayu segi empat yang berfungsi sebagai alas meletakkan tangga. Pada bagian depan terdapat papan berbentuk lempengan.

Stainless diletakkan di kanan dan kiri sebagai penyokong dan hiasan. Bisa juga digunakan di bagian bawah dan samping. Memang menggunakan bahan ini akan membuat harga lebih tinggi yaitu sekitar empat jutaan.

Pilihan Mimbar berukuran kecil bisa anda dapatkan dari beberapa model diatas. Walaupun kecil tetapi memiliki bentuk yang tidak kalah indahnya. Sehingga harga jualnya pun bervariasi. Bahkan jika menggunakan hiasan yang baik akan memberikan harga tinggi.

Model mimbar yang akan digunakan tidak ada ukuran dan model yang standar. Hanya saja jangan terlalu berlebihan sehingga mengganggu konsentrasi jamaah yang sedang belajar dari penceramah yang memberikan materi.

Anda yang akan membeli mimbar masjid lebih baik memperhitungkan ukuran yang dibutuhkan masjid. Dengan mimbar yang sesuai maka masjid akan tampak lebih baik dan tidak berlebihan.