Istilah manajemen perubahan biasanya sering kita dengar yah, namun ada bagi sebagian orang yang belum mengetahui secara jelas tentang manajemen perubahan.

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas. Berikut penjelasannya:

Pengertian Manajemen Perubahan & Tujuannya

Agar bisa lebih memahami maknanya maka akan kita jelaskan secara perkata. Biasanya manajemen perubahan ini sering digunakan oleh suatu organisasi maupun perusahaan karena begitu pentingnya untuk suatu keberhasilan dalam melakukan bisnis apapun.

Pengertian Manajemen Perubahan

Manajemen perubahan secara umum adalah suatu bentuk pendekatan dengan melalui suatu proses agar dapat mengubah suatu individu, tim maupun organisasi menuju ke sesuatu yang lebih baik sehingga akan terlihat adanya suatu perubahan dan juga perkembangan.

Arti lain dari manajemen perubahan adalah suatu bentuk disiplin yang membimbing, mengarahkan ataupun memandu bagaimana cara kita untuk mempersiapkan, melengkapi dan juga mendukung agar dapat beradaptasi dengan perubahan, sehingga dapat membawa kita menuju ke arah yang lebih baik yakni keberhasilan.

Biasanya pada manajemen perubahan ini selalu dikaitkan dengan manajemen sumber daya manusia, karena pada dasarnya manajemen perubahan itu yang menjadi objek utamanya adalah ada pada manusia.

Jika suatu perusahaan maupun organisasi menerapkan manajemen perubahan, maka biasanya akan berdampak pada beberapa hal yang terkait, diantaranya adalah sistem kerja, proses kerja, struktur organisasi, dan juga peran dari pekerjaan tersebut.

Kita sebagai manusia tentu tidak akan berdiam diri, sehingga diperlukan adanya perubahan demi mencapai suatu tujuan yang baik dan juga keberhasilan.

Change management dapat diartikan secara lebih luas lagi sesuai dengan sudut pandang dan juga tujuannya. Namun pada umumnya semua manajemen perubahan itu bertujuan untuk mengelola bisnis, perusahaan maupun organisasi ke arah yang lebih baik dan memperoleh keuntungan.

Adapun Manajemen Perubahan Menurut Para Ahli

Berikut beberapa ahli yang juga ikut mengemukakan pendapatnya mengenai manajemen perubahan:

1. Wibowo

Manajemen perubahan adalah suatu proses yang sistematis untuk menerapkan pengetahuan, sumber daya, sarana dan lain sebagainya agar dapat mempengaruhi adanya suatu perubahan pada orang – orang yang memiliki atau akan terkena dampak dari proses tersebut.

2. J. Winardi

Manajemen perubahan adalah suatu bentuk kerja dari seorang manajer untuk mengatur adanya perubahan secara efektif melalui komunikasi, motivasi dan juga kelompok.

Tujuan Manajemen Perubahan

Adapun tujuan dari manajemen perubahan adalah

1. Untuk mempertahankan dan memajukan keberlangsungan hidup perusahaan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

2. Untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal, seperti sikap tenaga kerja, perubahan teknologi, peralatan dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Manajemen Perubahan & Tujuannya. Semoga manfaat. Terimakasih:)