pembersihan karang gigi di ToothSignature Kelapa Gading

Memiliki gigi yang utuh dan sehat merupakan dambaan semua orang. Namun, nyatanya masih banyak orang yang giginya berlubang sehingga menyulitkan makan dan mengganggu penampilan. Untuk itu, kali ini kita akan membahas penyebab gigi berlubang yang bisa dihindari:

Kebersihan Mulut dan Gigi sangat Buruk

Penyebab yang pertama adalah karena kebersihan mulut dan gigi Anda masih sangat buruk. Kebiasaan gosok gigi yang tidak dilakukan, tidak sering berkumur, dan lain-lain nyatanya mempercepat kerusakan pada gigi.

Oleh karena itu penting sekali bagi Anda untuk menyikat gigi secara teratur yaitu sebelum makan dan juga sebelum tidur. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk mendapatkan kebersihan ekstra untuk gigi dan mulut. Anda juga dapat melakukan flossing atau menggunakan benang gigi untuk mencungkil sisa-sisa makanan pada gigi.

Terlalu Sering Makan Manis dan Tidak Segera Gosok Gigi

Selain karena kebersihan mulut dan gigi sangat buruk, kebiasaan makan makanan yang manis juga sangat berbahaya bagi kesehatan tulang dan gigi. Makanan manis diketahui dapat menurunkan pH plak gigi dengan cepat sehingga menjadi bersifat sangat asam,

Sifat asam yang terjadi secara berlebihan ini akan menyebabkan terkikisnya lapisan enamel pada gigi. Apalagi jika sehabis makan manis kemudian tidak segera gosok gigi sehingga sisa gula di sana masih menempel.

Makanan manis yang memiliki kandungan tinggi gula ini misalnya adalah es krim, donat, coklat, permen, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Jika Anda masih bersikukuh untuk melakukan kebiasaan ini secara terus menerus maka Anda akan merasakan akibat buruknya. Oleh karena itu, hindari atau setidaknya kurangi makan manis dan rajinlah untuk menggosok gigi dengan cara teratur.

Asupan Fluoride Masih Sangat Kurang

Perlu diketahui bahwa fluoride merupakan salah satu jenis mineral yang sebenarnya terbentuk secara alami. Namun apabila asupan fluoride pada tubuh Anda kurang maka akan menyebabkan beberapa gangguan pada gigi.

Ya, fluoride ini sangat berguna untuk mencegah gigi yang berlubang karena bisa menjaga enamel gigi. Oleh karena itu, fluoride sendiri mudah ditemukan baik dalam bentuk kemasan pasta gigi maupun obat kumur.

Penumpukan Plak yang Cukup Banyak

pembersihan karang gigi di ToothSignature Kelapa Gading

Gigi berlubang sangat erat kaitannya dengan adanya penimbunan plak yang cukup banyak. Plak merupakan lapisan bening dan juga lengket yang biasanya terdapat pada gigi. Plak ini terjadi akibat adanya sisa makanan namun tidak dibersihkan dengan baik.

Sisa-sisa makanan itu akhirnya dikonsumsi oleh bakteri dan mereka mengeluarkan zat asam yang mengikis lapisan luar gigi. Akhirnya karena zat asam yang terlalu tinggi maka gigi akan mudah untuk berlubang dan mengganggu. 

Apabila penumpukan plak ini sudah menjadi karang gigi, segeralah melakukan pembersihan karang gigi di klinik gigi terdekat. Bila anda tinggal di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, salah satu klinik gigi yang saya rekomendasikan adalah ToothSignature. Saya kenal dokter gigi Eska disana, orangnya ramah. Tapi dia sendiri adalah spesialis ortodonti, jadi untuk pembersihan karang gigi biasanya di dokter gigi umum, nanti anda akan diarahkan disana. Coba kunjungi saja web ToothSignature Kelapa Gading di https://www.toothsignature.com

Karies Gigi karena Susu

Karies gigi karena susu biasa terjadi pada anak-anak. Susu anak nyatanya banyak yang masih mengandung gula sebagai penambah rasa enak. Biasanya anak-anak minum susu menggunakan dot dan tidak melepaskannya saat tertidur.

Padahal hal ini sangat berbahaya karena gula pada susu ini bisa berubah jadi zat asam yang menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, kebanyakan orang tua saat ini membiasakan anak untuk minum melalui gelas dan segera menggosok gigi pada saat sebelum tidur.

Itu dia beberapa hal yang sering kali menjadi penyebab gigi berlubang. Gigi berlubang yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan berbagai permasalahan. Kebanyakan gejala yang muncul adalah rasa nyeri yang hebat, infeksi, dan lain sebagainya.