Jika kamu yakin daya tarikmu lebih besar pada ilmu komunikasi, maka memilih jurusan ilmu komunikasi memang pilihan tepat. Mencari kampus yang sesuai dengan lokasi dan kemampuan finansial mu, juga dapat kamu lakukan dengan mudah. Hanya dengan aplikasi gokampus maka kamu dapat langsung diterima pada kampus pilihan melalui seleksi nilai rapormu. Serta masa approval yang sangat cepat.

Fitur yang ada di gokampus juga memungkinkan kamu mendapat pinjaman uang kuliah yang dapat dicicil dari jasa keuangan yang sudah resmi atau terdaftar pada OJK. Atau kamu yang memiliki prestasi dengan nilai di atas rata-rata, maka pengajuan beasiswa juga dapat dilakukan dengan fitur yang ada di gokampus. Tak tanggung-tanggung, nominal hingga 20 juta per semester bisa kamu dapatkan jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa yang tepat.

Mantapkan pilihanmu pada ilmu komunikasi. Namun tidak didasari oleh mengikuti arus saja alias mengikuti pilihan teman dekatmu atau pilihan orang tua. Karena setiap jurusan yang kamu pilih akan menentukan karir pekerjaan di masa depan maka harus sesuai dengan bakat dan keinginan serta kesanggupan menyelesaikan masa studi. Berikut bidang pekerjaan yang dapat kamu pilih jika kuliah pada jurusan ilmu komunikasi:

–  Hubungan kemasyarakatan atau Humas

Karena memilih jurusan akan menentukan masa depanmu kelak. Jika passionmu memang benar pada jurusan ilmu komunikasi, maka banyak sekali lini pada keseharian kita yang berhubungan dengan komunikasi. Perusahaan lokal dan asing, pabrik, LSM atau Lembaga pemerintah semuanya membutuhkan tenaga sarjana ilmu komunikasi bagi pelayanan Front desk, periklanan, media sosial dan lainnya yang menjadi bagian penting pada sebuah perusahaan, kantor atau Lembaga sosial.

Seperti halnya front desk, public relation atau humas di pemerintahan. Beberapa lulusan bahkan berkarier sebagai Public relation officer, dimana setiap perusahaan tak lepas berkontribusi pada masyarakat atau mendapat dampak dan memberi dampak pada lingkungan sekitarnya.

–  Jurnalisme pada sebuah media

Bagi kamu yang menyukai kerja lapangan, maka jurusan ilmu komunikasi dapat kamu aplikasikan pada bidang seperti wartawan, penyiar Televisi atau radio, jurnalis, fotografer  atau wartawan pada media online. Secara media itu sendiri adalah bidang yang paling sesuai dengan jurusan ilmu komunikasi. Karena dengan ilmu komunikasi yang didapat, banyak industri dan perkantoran yang menggunakan media untuk mengembangkan usaha mereka.

Kenapa tenaga lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan bagi dunia media baik online maupun offline? Karena media memerlukan seseorang yang mampu berkomunikasi secara dinamis serta melihat informasi yang diperlukan sehingga terbentuk sebuah opini yang dapat diterima oleh khalayak atau audiens.

–  Event Organizer atau EO

Setiap perusahaan, pabrik, LSM atau Lembaga pemerintah dan institusi lainnya, pasti pernah menyelenggarakan suatu event. Kita mengenal event family gathering atau silaturahmi antar staf dan keluarga, atau mengadakan event pameran dan sebagainya. Semua event tersebut baik yang melibatkan hanya kalangan intern saja atau juga melibatkan khalayak ramai seperti pameran, pastilah memerlukan tenaga EO yang bertanggungjawab membuat settingan acara dengan baik sehingga acara dapat berjalan lancar.

Dalam sebuah event, pastinya dibutuhkan ilmu komunikasi dengan orang banyak. Sehingga konsep yang akan digunakan misalnya dalam sebuah pameran dapat menjadi ajang penyampaian pesan yang diselipkan kepada target atau audiens dengan baik.

Masih banyak bidang pekerjaan lain yang didapat jika memilih jurusan ilmu komunikasi. Hampir di semua aspek memerlukan sarjana ilmu komunikasi. Persiapkan dirimu karena banyak bidang pekerjaan yang menantimu.