resep herbal TBC dari kembang sepatu

TBC atau tuberkulosis merupakan infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat mematikan bila tidak teratasi dengan tepat dan cepat. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai resep herbal TBC untuk terapi alternatif penyakit tuberkulosis.

Sampai saat ini, TBC masih menjadi penyakit menular pembunuh nomor satu di dunia. Dan kabar buruknya, Indonesia berada di peringkat ketiga di dunia untuk jumlah penderita terbanyak. Tingkat kematian TBC di Indonesia juga relatif masih sangat tinggi.

Salah satu penyebab kematian karena proses terapi penyakit TBC tidak mudah. Pasien perlu menjalankan terapi dan mengkonsumsi obat dalam jangka 6-9 bulan untuk tahap awal hingga mencapai 2 tahun untuk kondisi yang berat dan tubuh mulai kebal dengan terapi moderat.

Kebanyakan pasien tidak cukup disiplin menjalankan terapi ini dengan rutin. Apalagi mengingat proses pengobatannya membutuhkan masa panjang hingga bulanan. Dan harus secara rutin melakukan kunjungan medis untuk memastikan kondisi paru-paru tetap terkendali.

resep herbal TBC dari kembang sepatu

Di situlah Anda bisa mencoba alternatif resep herbal TBC. Terapi ini Anda konsumsi bersamaan dengan terapi medis tentu saja dengan jeda waktu. Dengan menambahkan terapi tradisional sebagai pendamping, manfaat pengobatan akan bekerja beberapa kali lebih efektif.

Anda bisa mencegah pengobatan berjalan lebih lama dan bertele tele. Terapi pendamping ini juga akan membantu Anda pulih dari keluhan dan gejala TBC lebih cepat, memulihkan kerusakan paru-paru lebih cepat.

Resep Herbal TBC

Salah satu resep herbal TBC yang mudah untuk Anda buat adalah resep herbal dari bahan utama bunga kembang sepatu. Tanaman yang dikenal dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis  ini diakui sebagai herbal yang baik untuk pengobatan TBC. Sebagaimana dijelaskan dalam laporan Universitas Negeri Padang tahun 2013.

Hal senada diurai dalam jurnal pendahulunya, Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine tahun 2012. Di sini diungkap bahwa dalam bunga kembang sepatu terdapat komponen fitokimia yang bekerja sebagai anti bakteri yang efektif mengatasi serangan Mycobacterium tuberculosis.

Selain itu di dalam kembang sepatu juga ditemukan komponen anti peradangan yang sangat efektif membantu menurunkan intensitas peradangan paru-paru pada penderita TBC. Sebagaimana telah diuraikan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences tahun 2013.

Sedang dalam jurnal Pharmaceutical Biology tahun 2008, disebutkan bahwa tanaman kembang sepatu memiliki kemampuan antioksidan yang tinggi. Ini sangat baik membantu penyembuhan infeksi, memperbaiki sistem imunitas dan membantu proses regenerasi sel yang rusak. Sehingga proses pemulihan juga akan berjalan lebih cepat.

Masih soal riset dari tanaman kembang sepatu, menurut review dari jurnal UGM  tahun 2015, ditemukan bahwa dalam bunga kembang sepatu terdapat unsur etanol yang dapat bekerja sebagai mukolitik. Ini adalah fungsi untuk mengendalikan dahak saat terjadi infeksi atau peradangan pada tenggorokan.

Dan dalam jurnal International Research Journal of Pharmacy tahun 2012 dijelaskan bahwa bunga Hibiscus rosa-sinensis ini terbukti bersifat antitusif yang baik untuk mengatasi rasa sesak dan gatal pada batang tenggorokan yang lazim dikeluhkan penderita TBC.

Adapun resep herbal TBC dengan bahan kembang sepatu tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan baku :

  • Kuntum kembang sepatu sebanyak 3 buah
  • 1 sendok makan madu murni

Cara pembuatan resep herbal TBC :

  • Pastikan kembang sepatu telah dibersihkan di bawah air mengalir
  • Haluskan kuntum kembang sepatu
  • Tambahkan air agak panas sebanyak ½ gelas dan aduk rata
  • Peras ramuan tadi dan saring hingga ampas kering
  • Tambahkan madu

Aturan minum  :

  • Minum segera ramuan yang telah disaring ini dan ulangi setidaknya sehari 3 kali.

Anda bisa menemukan lebih banyak resep herbal TBC dan beragam penyakit lain di dalam laman deherba.com. Laman www.deherba.com, laman yang membahas dunia herbal no 1 di Indonesia.