Pemerintah Perlu Fokus Terhadap Investasi | Harian Momentum

Saat ini investasi merupakan salah satu trend yang banyak diikuti oleh orang-orang, terutama kaum millenials. Investasi sendiri merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan nilai keuangan yang dimiliki dalam suatu bentuk instrumen baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.

Namun pada umumnya, orang-orang yang berinvestasi untuk jangka panjang akan lebih terasa peningkatan nilai investasinya dibandingkan dengan jangka pendek. Artinya, jika anda menginginkan bentuk dan hasil yang maksimal dalam investasi, maka pilihlah jenis investasi jangka panjang.

Bentuk dari investasi sangatlah banyak, namun sebagai investor pemula sebaiknya pilihlah investasi yang terbaik dan mudah dikontrol. Banyak orang lebih memilih berinvestasi saham karena peningkatannya yang signifikan. Namun saham sendiri umumnya hanya dapat dibeli bagi mereka yang memiliki modal yang banyak. Sehingga belum tentu setiap orang dapat membeli saham yang diterbitkan oleh perusahaan.

Pemerintah Perlu Fokus Terhadap Investasi | Harian Momentum

Investasi saham lebih dipilih karena sifatnya santai, sebab bukan para investor yang mengejar uang, melainkan sebaliknya uang yang mengejar mereka. Untuk meningkatkan jumlah keuntungan dari saham sendiri sebaiknya anda jangan menggunakan modal pinjaman.

Seolah tidak pernah puas akan keuntungan yang diperoleh, setiap investor tentu menginginkan profit yang selalu menguntungkan. JIka profit yang dihasilkan hanya stagnan, maka akan dianggap sebagai usaha monoton atau tidak berjalan lancar.

Namun hal tersebut bukanlah kesalahan dari anda selaku pemilik usaha, karena sebagai investor memang tidak dapat terjun langsung pada kegiatan usaha yang dijalankan. Anda hanya cukup membuat perencanaan investasi sebelum memulai saham.

Hal yang harus anda ketahui sebelum membeli saham

Pastikan tidak ada unsur paksaan ketika anda hendak membeli saham. Pikir dan rencanakan sebaik mungkin, mulai dari jenis saham yang nantinya akan anda beli, berapa banyak saham yang akan dibeli, kapan kira-kira akan membeli saham tersebut, serta perusahaan apa yang nantinya ingin anda beli sahamnya. Dengan perencanaan yang tepat, maka kemungkinan besar profit yang didapatkan akan meningkat dan terhindar dari kerugian.

Untuk memperoleh keuntungan yang besar, anda dapat memulainya dengan menandai kondisi dimana ketika perekonomian anda membaik. Mengapa demikian? Mungkin sebagian dari pemula yang masih awam tentang investasi belum mengerti jika bursa saham sebenarnya adalah cerminan dari perekonomian pada suatu negara. Bursa saham akan turut meningkat dan membaik secara otomatis seiring dengan performa perekonomian yang membaik dan juga sebaliknya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda lebih dianjurkan untuk berinvestasi saham ketika kondisi eksternal perekonomian sangat mendukung. Dengan begitu lembar-lembar saham yang anda miliki keuntungannya bisa meningkat.

Sebagai seorang investor pemula, tentu anda sangat beresiko untuk menyerahkan atau menitipkan uang pada sebuah perusahaan. Namun, untuk mencegah hal-hal yang tidak inginkan terjadi dan bisa tetap mendapatkan keuntungan yang menarik. Maka lakukan analisis dan penyelidikan terlebih dahulu kepada perusahaan secara mendetail. Kinerja perusahaan yang baik akan mempengaruhi potensi pertumbuhan harga saham. Semakin baik fundamental dari sebuah saham, maka kemungkinan potensi pertumbuhannya untuk terus meningkat juga semakin besar.

Saham sendiri biasanya ditempatkan pada second maupun third layer. Dan saham dari perusahaan lapis dua atau tiga ini dipercaya memiliki fundamental yang baik dalam memicu pertumbuhan ekonomi.

Namun perusahaan ini juga cenderung memiliki fluktuasi yang tinggi, sehingga resiko yang didapatkan juga lebih besar. Adapun strategi yang digunakan dalam menemukan perusahaan dengan potensi tinggi ini disebut dengan Growth Investing.