Saat ini usaha rumahan menjadi salah satu yang mulai gencar dilakukan terutama oleh ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan uang belanja tambahan. Ada banyak usaha rumahan yang lagi trend di berbagai bidang, baik itu kuliner, jasa dan lain sebagainya.

Usaha rumahan dinilai lebih mudah dikerjakan tanpa perlu pergi pulang setiap hari, terlebih lagi upah minimum di setiap daerah berbeda-beda. Dilansir dari website daftar umr, walaupun setiap tahunnya upah minimum selalu mengalami kenaikan namun memiliki usaha sendiri bisa lebih menguntungkan jika ditelateni dan ditekuni secara serius.

Sebagian besar yang ingin merambah dunia usaha kebanyakan bingung untuk menentukan jenis usaha yang ingin dicoba, padahal ada banyak cara untuk melihat usaha yang potensial, salah satunya dengan melihat di sekeliling kita apa yang sedang populer atau banyak dibutuhkan.

Dengan melihat kebutuhan masyarakat kita bisa mencoba memaksimalkan potensi tersebut dengan membuat produk atau jasa yang saling menguntungkan. Nah jika kalian masih belum tahu usaha apa yang ingin kalian coba maka bisa melihat beberapa jenis usaha rumahan di bawah ini.

Usaha Laundry

Di daerah perkotaan usaha laundry sudah berkembang dengan begitu cepat, para pekerja yang sibuk akan pekerjaannya lebih memilih untuk melaundrykan pakaiannya karena sudah merasa lelah atau kecapekan. Kini usaha tersebut sudah merambah ke daerah-daerah dan terbukti banyak yang menggunakan jasa tersebut.

Jika kalian hidup di kawasan yang cukup ramai terlebih dengan dengan fasilitas umum seperti kampus, sekolah dan lainnya bisa memanfaatkannya untuk membuka laundry. Kalian bisa menarik minat masyarakat dengan fasilitas antar jemput misalnya, hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Usaha Kuliner

Membuka usaha kuliner mungkin sudah menjadi bidang usaha yang sudah sejak dulu ada namun dari waktu ke waktu terutama karena perubahan zaman, usaha ini bisa dilakukan dari rumah tanpa perlu membuat warung atau toko terlebih dahulu.

Hal ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, kini ibu-ibu rumah tangga bisa menyalurkan hobi memasaknya ke dalam dunia usaha dan tentu saja akan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Untuk mempromosikan produk kuliner yang dibuat bisa menggunakan media sosial seperti fb, ig, wa dan lain sebagainya.

Selain itu kini sudah ada aplikasi semacam gofood, grabfood dan lain sebagainya sehingga akan mempermudah dalam menawarkan produk.

Menjual Pakaian

Trend fashion akan terus silih berganti, dari tahun ke tahun selalu ada trend baru yang berkaitan dengan pakaian, oleh sebab itu kita bisa mengikutinya sembari mencoba masuk ke dalamnya untuk mendapatkan keuntungan.

Lagi-lagi di zaman sekarang ini kita tidak perlu membuat toko terlebih dahulu ketika ingin menjual pakaian karena sementara dari rumah pun usaha tersebut bisa dimulai, syaratnya tentu harus tahu media sosial untuk mempromosikan produk tersebut.

Usaha menjual pakaian pun bisa dilakukan tanpa menyetoknya terlebih dahulu, hal tersebut dilakukan dengan sistem dropship. Dengan sistem ini kita hanya perlu mempromosikan pakaian atau yang lainnya berupa gambar di media sosial, market place, blog dan lain sebagainya, ketika ada customer membeli kita baru mengorderkannya ke penjual.

Demikianlah informasi tentang beberapa usaha rumahan yang lagi trend tahun ini, semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua terutama yang ingin mencoba peruntungan dalam bisnis rumahan.